Mobil Listrik Karya Putra Indonesia Bakal Dibeli Malaysia

Mobil Listrik Selo.
Sumber :
  • Autofresh.net

VIVA.co.id - Setelah kabar menggegerkan bakal hadirnya mobil nasional yang harus menggandeng perusahaan otomotif Malaysia, Proton, kali ini industri otomotif nasional kembali dibuat tercengang oleh negeri tetangga.

Betapa tidak, Selo, mobil prototype bertenaga listrik ciptaan Ricky Elson rupanya siap dipinang oleh Malaysia. Ya, mobil yang sampat menjadi buah bibir beberapa waktu lalu, di mana kala itu mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan, ingin mencanangkan program mobil listrik.

Alhasil, Ricky salah satu putra bangsa itu ikut terlibat dalam pembuatan mobil sport listrik yang dikenal dengan sebutan 'Selo'.

Namun, rencana tinggal rencana, seakan merasa tak lagi mendapatkan dukungan penuh dari pihak dalam negeri. Selo justru kini tengah dilirik Malaysia. Menurut Ricky, ketertarikan negeri Jiran mengembangkan mobil buatan pria asal Padang, Sumatera Barat, ini muncul setelah pertemuannya dengan seseorang di Kuala Lumpur, delapan bulan silam.

“Hari ini dapat kabar, ada keinginan keras mereka untuk pengembangan mobil listrik, bersama team kami,” tulis Ricky dalam aku sosialnya yang diposting 30 Agustus 2015.

Ia mensinyalir, besar kemungkinan pengembangan mobil prototype Next Generation Of "SELO" the Electric Car itu berasal dari Malaysia. Langkah ini tentu membuat publik di Tanah Air bertanya. Kendati demikian, ia memiliki alasan kuat untuk tidak menolak tawaran tersebut.

"Ini bukan menjual diri. Karena kami harus terus berkarya,” ungkap Ricky.

Ini Penampakan Mobil Listrik Besutan Apple

Sementara itu, menurut President Director PT FIN Komodo Teknologi, Ibnu Susilo, Indonesia memang tengah krisis mobil nasional. Tak heran jika kemudian beberapa negara tetangga bisa menggandeng hasil karya anak bangsa.

Kata dia, proyek mobil nasional merupakan tantangan yang perlu dijawab oleh pemerintah, mengingat daya beli masyarakat yang tinggi terhadap kendaraan. Namun sayang, porsi besar itu hanya dinikmati para produsen asing.

"Jika pemerintah hanya mendorong produsen otomotif asing untuk buka pabrik di sini (Indonesia) itu tidak akan menjawab persoalan. Kita tidak akan pernah punya mobil nasional," kata Ibnu kepada VIVA.co.id.

Pemerintah, kata dia, seharusnya mendorong agar mobil nasional itu terus berdiri, tidak hanya di depan publik saja. Namun sejalan dengan apa yang disampaikan. "Karena, saat ini terlihat setengah-setengah, support gitu-gitu saja," ujar Ibnu.

Menurutnya, bila itu yang terus dilakukan, tidak akan mungkin embrio-embrio mobil nasional seperti halnya Selo, ataupun Komodo buatan Cimahi, Jawa Barat, akan tumbuh.

Selanjutnya >>> Mengenal profil Selo...

Kenalkan, Ini Calon Mobil Listrik Tercepat Sejagat



Mengenal Selo

Diketahui, Selo dibangun pada tahun 2013 dan sempat mampir di perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 sebagai salah satu produk project milik Dahlan Iskan.

Mobil sport ini memiliki onderdil 70 persen buatan lokal. Bagian yang harus diimpor adalah motor listrik yang memang mahal dan berharga sampai Rp40 jutaan.

Selo memiliki tenaga sampai dengan 182 horse power, atau sekira 130 kW. Kecepatan mobil ini bisa mencapai maksimal 220 kilometer per jam.

Mobil Listrik Tesla Terbakar Saat Dicas

Selo memiliki kapasitas baterai yang jika diisi penuh selama empat jam, bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 250-an km. Mobil ini menggunakan regenerative brake. Sehingga aliran listrik bisa diinterupsi selama pengereman berlangsung.

Mobil Listrik Selo.

Buat Mobil Listrik, Malaysia Kembali Comot Putra Terbaik RI

Indonesia kembali kehilangan putra terbaiknya .

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2016