Pembuatan Mobil Listrik Selo Habiskan Rp1,5 M

Ricky Elcon (kiri) dengan Dahlan Iskan (kanan) di depan mobil listrik
Sumber :
  • Facebook Ricky Elson.

VIVA.co.id - Pembuatan sebuah kendaraan otomotif, khususnya mobil memang membutuhkan biaya sangat besar, tak heran bila pendanaan merupakan hal penting dalam pengembangan sebuah alat transportasi baru. Salah satunya purwarupa mobil listrik Selo.

Mobil karya anak bangsa, Ricky Elson ini, disebut menghabiskan dana hingga Rp1,5 miliar dalam pembuatannya. Kini, mobil tersebut dinyatakan telah diambil alih pihak Malaysia untuk dilakukan pengembangan selanjutnya. ().

Keterangan ini disampaikan langsung Vice President Kupu-kupu Malam, Rudi Purnomo, kepada VIVA.co.id, Jumat 4 September 2015.

Mobil Listrik di Indonesia, Chevrolet Siap Pasok

“Untuk pembuatan (rancang desain) city car biasanya itu menghabiskan dana sekira Rp150 juta sampai Rp300 juta, sedangkan untuk VIP car biasanya menghabiskan dana hingga Rp500 juta sampai Rp1 miliar. Sedangkan sport car menghabiskan dana sekira Rp1,5 miliar. Selo masuk dalam kategori mobil sport,” ungkapnya. ().

Lebih banyak Rudi mengungkapkan bila harga yang ditawarkan tersebut sepadan dengan kendaraan yang dihasilkan. Karena pihaknya mengaku bila semua bahan yang digunakan pada mobil tersebut memiliki kualitas yang baik, karena kecepatan adalah salah satu daya tarik yang ditawarkan mobil ini.

“Mobil dengan performa yang bagus, nyaman, dan layak memang memerlukan biaya yang lebih mahal. Semua tergantung pada jenis mobil yang akan kita buat itu seperti apa,” kata dia. ()

Sebagai catatan, mobil sport ini memiliki beberapa bagian yang harus diimpor, yakni motor listrik yang memang memiliki harga sangat mahal. Mobil dengan rangka coupe dua pintu ini memiliki tenaga sampai dengan 182 tenaga kuda, atau sekira 130 kW. Kecepatan mobil ini bisa mencapai maksimal 220 kilometer per jam.

Selo memiliki kapasitas baterai yang jika diisi penuh selama empat jam, bisa digunakan untuk menempuh jarak hingga 250-an km. Mobil ini menggunakan regenerative brake. Sehingga aliran listrik bisa diinterupsi selama pengereman berlangsung.

BMW i3.

Daftar Mobil Listrik Bernilai Buruk, Disebut Jangan Dibeli

Ada pula mobil listrik yang dinilai memiliki nilai bagus.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2016