Metamorfosis Grand New Xenia Setelah Satu Dekade

Great New Xenia
Sumber :
  • VIVA.co.id
VIVA.co.id
Gran Max Meredup, Daihatsu Bertumpu pada Xenia dan Ayla
- Daihatsu Indonesia melekatkan kalimat
more stylish, more comfort and more efficient 
Bentuk Kembar, Apa Bedanya Avanza dan Xenia?
untuk Great New Xenia, produk baru yang menjadi penerus mobil low MPV
Bawa Rp5 Jutaan ke JAS 2015 Bisa Bawa Pulang Xenia
andalan mereka, yang terus mendulang sukses sejak dilahirkan pada 2004.

Ubahan di bagian eksterior memang berhasil memberi kesan berbeda, dibandingkan dua generasi pendahulunya. Lebih modern pastinya, menyiratkan kesan dinamis kaum urban yang menjadi pangsa pasarnya.

Satu hal menarik adalah, status Great New Xenia merujuk pada saudara kembarnya, Great New Avanza yang berada di bawah naungan Toyota, karena ada kesan terjadi perubahan kebijakan dalam memposisikan keduanya.


Great New Xenia


Saat pertama diperkenalkan sebelas tahun silam, dua produk ini seolah jadi alternatif satu terhadap lainnya, tergantung sudut pandang. Misalnya, Xenia alternatif untuk kata kunci lebih murah, dan Avanza untuk kemewahan.


Wajar saja karena Avanza memang lebih mahal harganya, disertai penambahan beberapa fitur yang membuat keduanya berbeda. Namun yang tak logis dan relevan adalah, pandangan tentang perbedaan kualitas.


Avanza dikaitkan dengan nama besar Toyota, sebagai jaminan kualitas, dianggap lebih unggul dari Xenia yang dianggap opsi keekonomian. Seiring waktu, pendapat rancu itu pudar, karena faktanya kedua produk lahir dari rahim yang sama.


Great New Xenia


Produksi Avanza dan Xenia dilakukan di pabrik Daihatsu, berbagi kualitas dan ketangguhan yang setara. Soal gaya, hampir seperti dua saudara kembar, yang satu diberi nama misalnya George, lantas lainnya Bejo.


Persaingan


Jika sebelumnya ada kesan substitusi, sekarang ini Great New Xenia justru cocok disebut pesaing bagi Avanza. Setidaknya itu kesan pertama bagi VIVA.co.id, dalam kesempatan uji coba varian tertinggi Great New Xenia, type R Sporty, pada 2-3 September di Cirebon, Jawa Barat.


Pada bagian depan, perbedaan jelas terlihat dari
grille
,
bumper
dan
bumper guard, headlamp
dan DRL. Tidak ada kesan "lebih murah" dari saudara kembarnya, karena sama terkesan mewah, tinggal konsumen yang menentukan mana sesuai selera mereka.


Great New Xenia


Demikian juga ubahan di buritan, dengan lampu model baru, garnish chrome pada pintu belakang yang elegan, ditambah spoiler, tidak ketinggalan bumper guard belakang. Di bagian dalam, head unit dua din memberi fungsi hiburan, untuk musik dan video, juga peta GPS.


Selain sensor parkir, Great New Xenia juga dilengkapi dengan kamera belakang, memungkinkan pengendara melihat langsung situasi bagian buritan melalui layar dalam kabin. Untuk keamanan, ada dua SRS airbag di depan, konstruksi peredaman benturan di kedua sisi, juga immobilizer.


Sederet perubahan dan fitur-fitur baru, membuat Great New Xenia sudah tak pantas dianggap sebagai alternatif bagi Avanza. Pada tulisan selanjutnya,
VIVA.co.id
akan membahas tentang performa mesin baru Dual VVT-i yang diklaim menjadikan mobil ini lebih efisien dan bertenaga.


Great New Xenia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya