Bocor, Toyota Siapkan Mobil Terbang

Logo Toyota
Sumber :
  • Google

VIVA.co.id - Perkembangan kendaraan di masa yang akan datang rupanya sudah disiapkan pabrikan otomotif raksasa asal Jepang, Toyota. Baru-baru ini sebuah dokumen mengungkap paten 'aneh' yang diajukan Toyota meliputi pengembangan mobil terbang. Paten diajukan di Amerika Serikat.

Sebenarnya, paten awal diajukan pada 2 Maret 2014 lalu. Paten tersebut menyebutkan skema mobil terbang dengan sedikit rincian mekanisme cara kerja sayap. Sayap mobil disebutkan dapat melipat saat kendaraan dibesut di darat. Demikian dilansir Autoguide, Jumat, 4 September 2015.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016

"Pengungkapan ini berkaitan dengan kendaraan yang dapat diterbangkan sebagai mobil terbang seperti pesawat dan bisa digunakan sebagai kendaraan darat," tulis Toyota dalam keterangan eksplisit di bagian latar belakang paten.

Setelah ditelusuri, Toyota juga sempat mengajukan paten lainnya, yang diterbitkan pada Agustus 2014, dan Februari 2015. Disebutkan, sayap yang ada di kendaraan itu membuat mobil terlihat benar-benar seperti pesawat terbang, lengkap dengan baling-baling.

Paten lain mengungkapkan, sayap pada mobil itu meliputi sayap dual channel dengan sebuah outboard channel yang bisa keluar dari inboard channel. Pada dasarnya, sistem sayap itu adalah channel sayap ganda untuk aerocar yang bisa disimpan dalam mode roadable (berjalan di darat).

Namun demikian informasi detil lainnya masih gelap dan belum diketahui. Yang pasti, jika benar ini diseriusi Toyota, pabrikan itu tentu sudah menyiapkan dana besar untuk rencana pengembangannya.

(mus)

Sienta Mengaspal, Bagaimana Nasib Toyota NAV1?
Mobil konsep Toyota FCV Plus.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016

Toyota FCV Plus tampil dengan desain futuristis.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016