'Siksa' New Ertiga, Konsumsi BBM Sangat Mengejutkan

Media test drive New Ertiga
Sumber :
  • Toto Pribadi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Puluhan jurnalis diberi kesempatan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menguji performa New Ertiga selama dua hari dari tanggal 9 dan 10 September 2015 dengan rute Jakarta-Cirebon. Hebatnya, dalam rangkaian acara itu, diketahui tingkat konsumsi bahan bakar New Ertiga sangat mengejutkan.

Dimulai dari KM 39 Tol Cikampek, rombongan jurnalis yang terbagi dalam 12 mobil menempuh perjalanan menuju Cirebon dengan jarak 168 kilometer. Perjalanan terbilang santai terlebih dengan adanya lomba adu irit yang digelar Suzuki.

Rombongan jurnalis sendiri terbagi dalam dua kelompok yakni kelompok matik dan manual. Setiap kendaran diisi tiga jurnalis dan VIVA.co.id untuk kali ini mendapat kesempatan menjajal New Ertiga dengan transmisi otomatis. Sebelum berangkat, masing-masing kendaraan diisi penuh dengan Pertamax plus.

Dalam kontes adu irit dengan garis finish Salt Resto Cirebon ini, hasil mengagumkan ditorehkan New Ertiga. Bagaimana tidak, untuk konsumsi bahan bakar New Ertiga matik diperoleh angka 35,24 kilometer per liter. Sedangkan untuk manual, paling irit mencapai angka 29,82 kilometer per liter.

Pertanyaannya, bagaimana bisa mencapai angka tersebut? Beruntung, VIVA.co.id berada dalam mobil yang mampu mencatatkan tingkat konsumsi BBM paling irit. Selain sedikit perubahan yang dilakukan pada mesin Suzuki pada New Ertiga, gaya mengendarai juga pantas diperhitungkan.



Menyisir Tol Cipali (Cikopo-Paliaman), mobil New Ertiga tipe GX ini dipacu dengan kecepatan standar, 60 km per jam dan berusaha menjaga putaran mesin berada di bawah 2000 rpm. Sebagai catatan, AC dimatikan sepanjang perjalanan.

Dan trik yang tak kalah penting, keputusan untuk tak terlalu menginjak gas di tanjakan dan sebisa mungkin tak menginjak rem jika tak terpaksa, diduga kuat ikut mempengaruhi keiritan BBM New Ertiga.

Hasilnya sungguh luar biasa. New Ertiga matic yang VIVA.co.id kendarai bahkan mampu unggul jauh dari kontestan lain. Sebagai catatan, pada posisi kedua untuk kategori matik konsumsi bahan bakarnya menyentuh angka 26,85 kilometer per jam.

Menguji performa Ertiga

Setelah sempat menyambangi beberapa obyek wisata termasuk Keraton Kasepuhan Cirebon, Gedung Negara dan Goa Sinyaragi, Rombongan baru benar-benar dapat menguji performa New Ertiga saat kembali ke Jakarta pada Kamis, 10 September 2015.

Satu Lagi Mobil Buatan Indonesia yang Laris di Pasar Ekspor



Kali ini VIVA.co.id mendapat kesempatan menjajal New Ertiga tipe GX dengan sistem transmisi manual. Mobil langsung dipacu dengan kecepatan tinggi, 140 hingga 150 km per jam.

Secara performa, New Ertiga ini mungkin tak jauh berbeda dengan Ertiga keluaran sebelumnya. Keputusan Suzuki memangkas tenaga New Ertiga dari 95 hp menjadi 93 hp demi mengejar keiritan bahan bakar tak terlalu terasa. New Ertiga tetap mampu melaju dengan halus meski dipacu dengan kecepatan tinggi.

Dalam kabin dengan AC double blower, kesan nyaman dan lega masih dipertahankan New Ertiga. Lagi-lagi tak jauh berbeda dengan edisi sebelumnya. Perubahan paling menonjol mungkin hanya soket charger hape tambahan yang ada di baris kedua kursi penumpang.

Kesimpulannya, selain fitur-fitur tambahan dan tingkat konsumsi bahan bakarnya yang lebih irit, New Ertiga ini memang tak banyak mengalami perubahan dari edisi sebelumnya untuk urusan performa.

Mobil kejutan Jimny di GIIAS 2016

Mobil Kejutan dari Suzuki, Apakah Sang Legenda Jimny?

Mobil ini masih terselubung tirai.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016