Ini Alasan Suzuki Ngebet Sedan Barunya Dipilih Jadi Taksi

Suzuki Ciaz.
Sumber :
  • Marutisuzuki

VIVA.co.id - Jelang peluncuran Suzuki Ciaz ke Indonesia di akhir 2015, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan pengumuman mengejutkan bahwa mobil anyar yang masuk dalam segmen small sedan itu bisa digunakan sebagai armada taksi.

Mobil Crossover Baru Suzuki Terpajang Rapi di GIIAS 2016

Lantas, pertanyaan pun menyeruak, bagaimana jika nantinya Suzuki Ciaz akan mendapat tanggapan miring dari masyarakat, khususnya calon pemilik mobil pribadi?

Menanggapi hal itu, Deputy 4 Wheel Managing Director SIS, Davy J. Tuilan, menyatakan tak khawatir. Sebab, untuk penjualan mobil penumpang, segmen sekelas Ciaz (Toyota Vios dan Honda City) tergolong kecil.

Kapan Suzuki Luncurkan Mobil Murah Karimun Tujuh Penumpang?

Lain halnya dengan pasar mobil untuk taksi, lanjut Davy, jumlah penjualan segmen tersebut mencapai ribuan unit per bulan.

Untuk memberikan pembeda antara mobil pribadi dan mobil taksi, Davy menyatakan, Suzuki Ciaz taksi akan mendapat beberapa perubahan, terutama dalam hal spesifikasi maupun fitur.

Bocoran Tampang Suzuki Swift Sport 2017 Dibalut Warna Kuning

"Tentunya untuk taksi, Ciaz di-downgrade. Karena perusahaan taksi sendiri ingin harganya spesial," ujar Davy, saat peresmian outlet baru di Bursa Otomotif Sunter, di Jalan Yos Sudarso Kav 87-88 Blok C 10-12 Jakarta Utara, Senin 14 September 2015.

Davy juga menuturkan, ketertarikan produsen otomotif menjadikan produknya sebagai armada taksi tak hanya terjadi pada Suzuki, melainkan perusahaan lainnya juga.

"Karena pasar sedan mini (small sedan) passenger, yah seperti itu (kecil). Untuk apa yang berubah (pada versi taksi), belum tahu, tergantung permintaan dari pengelola taksi," ujar Davy.

Sekadar informasi, Suzuki Ciaz merupakan sedan terbaru Suzuki. Mobil ini sempat diperkenalkan ke Tanah Air dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Sedan yang banderol Rp270-280 juta itu memiliki panjang 4,49 meter, lebar 1,73 meter, tinggi 1,7 meter, dan jarak antar roda 2,65 meter.

Berbagai fitur modern dan canggih disebutkan akan menjadi daya tarik Ciaz, khususnya untuk model passenger.

Untuk jantung pacu, Ciaz akan dilengkapi mesin K14B empat silinder berkapasitas 1.400cc, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 91 daya kuda dan torsi 130 Newton meter. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya