Hidupkan Motor Jarang Pakai Kick Starter, Ini Bahayanya

Hidupkan motor dengan kick starter.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Para pemilik sepeda motor jenis matic tentu jarang menggunakan kick starter untuk menghidupkan mesin. Kebanyakan pemilik motor jenis matic memang demikian, karena merasa lebih dimudahkan dengan adanya electric starter.

Hal yang membuat malas pemilik untuk menggunakan kick starter adalah harus menstandarduakan dulu sepeda motor, karena posisinya ada di sebelah kiri. Tak seperti motor sport atau bebek yang bisa langsung ayun.

Lantas, seberapa penting penggunaan kick starter pada sepeda motor? Dilansir WeloveHonda, Rabu 23 September 2015, ada saat-saat tertentu di mana Anda ada baiknya menghidupkan mesin motor menggunakan kick starter. Misalnya, saat pagi hari atau setelah motor lama tidak dinyalakan.

Sebab, dengan menggunakan kick starter, hal tersebut akan membuat oli yang sudah lama mengendap menjadi langsung bersirkulasi. Selain itu, menghemat penggunaan listrik di motor, sehingga tidak membebani aki.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

(Baca juga: )

Lalu, bagaimana saat ingin menggunakan kick starter ternyata seret? Jangan dipaksa. Wajar saja bisa keras dan seret gara-gara tidak pernah dipakai. Akibatnya, per stopper pemegang penghubung gir slah dan gir primer mulai dihinggapi karat.

(Baca juga: )

Begitu kick starter digunakan dan fungsi per stopper sebagai rel juga pemegang gir penghubung malah tidak jalan. Alhasil, batang kick starter yang juga didukung pegas spiral justru tidak mau balik lagi.

Untuk mengembalikan kondisinya ke posisi semula dan bisa normal, baiknya lakukan pengecekan dengan membongkar blok CVT. Debu diusir pakai kuas dan angin kompresor, per stopper, dan alur gir penghubung diolesi gemuk alias grease.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

(Baca juga: )

Bagi Anda yang rutin menggunakan kick starter, tetap harus dirawat dan dicek secara berkala. Lakukan perawatan setiap 8.000 kilometer. Lepas cover CVT lalu lepaskan gigi pengungkit dengan cara menarik dan menggerak-gerakkan kick starter ke bawah. (art)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017