Fungsi Jalu Setang Motor, Tak Banyak yang Tahu

Jalu setang (paling kanan).
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Jalu setang atau yang memiliki istilah otomotif bar-end selalu menjadi standar pabrikan bagi produk sepeda motornya. Perangkat ini berada di ujung setang, dan dapat dilepas serta dipasang. Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui peran jalu setang tersebut.

Karena minim pengetahuan, sejumlah biker pun memilih melepas jalu setang dengan alasan lebih gaya atau karena dianggap mengganggu handling. Padahal, komponen ini memiliki fungsi tersendiri yang dapat membantu performa kendaraan.

Jalu setang memiliki fungsi memberikan keseimbangan dan kestabilan pada saat motor dikendarai. Jika tak digunakan, dipastikan motor akan terasa tak seimbang atau tak stabil dalam hal kemudi motor. Apalagi, jika motor sport. Demikian dilansir motobiker.

Balancer yang dibuat dengan bentuk dan desain khusus ini, biasanya memiliki berat yang dapat memberikan keseimbangan pada kemudi atau kestabilan setang motor. Di samping itu, dengan menggunakan alat balancer ini, bisa mengurangi getaran kemudi motor agar setang menjadi lebih stabil dan nyaman saat dikendarai.

Bila dilihat secara penampilan, adanya bar-end memang membuat motor terasa jadi lebih lebar. Tetapi, justru dengan adanya komponen ini, motor akan menjadi lebih aman dan mengurangi risiko kecelakaan.

Sebab, selain bertujuan untuk mengurangi getaran pada setang dan menambah kestabilan, bar-end dapat menjadi proteksi ketika motor terjatuh.

Tidak percaya? Coba saja lepas bar-end nya sebelah. Dijamin motor Anda bakal tak stabil. (art)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017