Ini Beberapa Penyebab Cat Motor Cepat Kusam

Honda Vario dan Yamaha Nmax. Dua-duanya menggunakan lampu LED.
Sumber :
  • www.tmcblog.com

VIVA.co.id - Cat motor kusam atau dekil tentu mengganggu penampilan kendaraan. Banyak orang mengasumsikan jika kendaraan yang bersih atau resik akan menggambarkan karakter si pemiliknya.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Tak heran jika kemudian pemilik berusaha melakukan perawatan kendaraannya, termasuk dalam urusan cat sepeda motor.

Diketahui, ada beberapa faktor yang membuat cat motor kusam. Apa saja? Berikut seperti dilansir situs resmi Honda, Jumat 25 September 2015:

Faktor pertama yang bikin cat motor kusam tentu karena motor tidak pernah dicuci. Debu yang kelamaan melekat di bodi akan membuat daya kilap plastik semakin berkurang.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Jangan salah, debu yang menebal di bodi motor bisa bikin bodi motor cepat baret-baret. Maka itu, usahakan selalu meluangkan waktu untuk mencuci motor kesayangan.

[Baca juga:

Faktor berikutnya karena cuaca. Misalnya, parkir di bawah terik matahari. Ada baiknya Anda memarkir motor di dalam ruangan sebagai bentuk perlindungan agar cat motor tidak kusam.

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Andaipun sulit, usahakan memilih tempat beratap, minimal terhindar dari sinar matahari langsung. Sebab, debu yang bercampur panas terik dapat merusak lapisan pelindung cat yang menjadi penyebab warna menjadi kusam.

[Baca juga: ]

Kehujanan juga salah satu faktor yang bikin cat motor kusam. Di daerah perkotaan, polusi udara membuat kondisi air hujan jadi makin asam. Tentunya berpengaruh ke cat motor.

Bahkan, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, sepertiĀ  pada mesin dan sasis. Apabila telanjur kena air hujan, ada baiknya cepat-cepat membilasnya dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

[Baca juga: ]

Terakhir, Anda harus hati-hati dengan minyak rem. Cairan ini memang penting fungsinya dalam fungsi pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat.

Bila lagi 'ngoprek' motor di bengkel dan tak sengaja terkena cipratan minyak rem di bodi motor, segera cepat-cepat dibilas, agar cat motor tak kusam. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya