Teknologi Ini Bikin Rider Yamaha R1M Sejago Lorenzo

Panel pengatur fitur elektronik Yamaha R1M.
Sumber :
  • Visordown

VIVA.co.id - Pabrikan sepeda motor asal Jepang, Yamaha, telah resmi meluncurkan motor gede (moge) berspesifikasi balap, YZF-R1M di Indonesia beberapa waktu lalu. Motor yang didatangkan sebanyak lima unit ini langsung ludes dibeli konsumen.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Salah satu alasan mengapa motor ini sangat banyak peminatnya adalah banyaknya fitur canggih yang dipasang untuk memudahkan pengendara menaklukkan sirkuit. Dilansir dari Visordown, Senin 28 September 2015, R1M dibekali dengan peredam kejut semi aktif buatan Ohlins.

Peredam kejut ini disebut semi aktif, karena dilengkapi dengan beberapa pengaturan, yang dapat dilakukan secara elektronik. Pengendara, bahkan bisa mengatur kekerasan peredam kejut saat sedang mengitari sirkuit, tanpa perlu berhenti terlebih dahulu.

Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

R1M juga dibekali dengan sejumlah perangkat elektronik penjaga kestabilan motor, seperti mode berkendara, kontrol traksi, kontrol slide dan launch control. Selain itu, pengendara juga bisa mengatur seberapa tinggi roda depan dapat terangkat, saat tuas gas dibuka dengan cepat.

Saat diuji oleh Visordown, baik di jalan raya maupun sirkuit, motor ini dapat dengan mudah dikendarai. Pengendara bisa memilih mode jalan raya, jika ingin perjalanan lebih nyaman.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Namun, saat pengaturan dipindah ke mode sirkuit, karakter motor akan berubah menjadi 'galak'. Pengendara juga bisa memilih mode manual, yakni mengatur sendiri seberapa besar tenaga mesin yang disalurkan ke roda belakang, seberapa keras peredam kejut dan seberapa aktif fitur pengendali keamanan bekerja.

Bahkan, saking banyaknya sensor dan fitur yang bekerja menjaga kestabilan, pengendara R1M bisa melalui tikungan dengan cepat dan terkendali, bak pebalap Yamaha di ajang MotoGP, Jorge Lorenzo. (asp)

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016