Cara Mudah Hapus Karat di Knalpot, Bisa Dilakukan di Rumah

Knalpot Bising
Sumber :
  • edorusyanto.wordpress.com
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Knalpot merupakan bagian yang mudah berkarat. Itu terjadi lantaran knalpot berada di bagian kolong kendaraan dan sering terkena air atau cipratan hujan. Terlebih, banyak pemilik kendaraan yang ogah membersihkan knalpot kendaraannya. Akibatnya, gempuran karat sudah pasti akan 'menyapa'.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab ada beberapa cara mudah yang bisa diterapkan agar karat pada knalpot dapat sirna. Seperti disampaikan penggawa Sumber Jaya Motor, Ahin, di Radio Dalam, Jakarta. Menurutnya, karat pada knalpot bisa hilang dengan menggunakan dua cara, yakni pakai oli bekas dan cairan pembersih WC, serta menggunakan autosol. Langkah mudah ini bisa dilakukan tak sampai satu jam.
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya


Cara pertama, hidupkan mesin motor selama 10 menit. Saat mesin menyala dan knalpot panas, oleskan dengan oli bekas secara menyeluruh dengan menggunakan kuas. Lakukan sampai tiga kali.


"Kemudian sayat pakai pisau tumpul bagian yang berkarat. Sesudah itu siram pakai pembersih kloset. Diamkan selama setengah jam (30 menit)," kata Ahin saat berbincang dengan
VIVA.co.id
.


Tak cukup sampai di situ saja, langkah selanjutnya yakni membilasnya dengan air bersih. Terakhir, baru gosok dengan amplas kasar secara menyeluruh. Ulangi siram dengan air bersih.


Cara kedua, lebih mudah. Amplas seluruh bagian knalpot yang berkarat hingga kuning karatnya hilang. Lalu, digosok lagi dengan amplas untuk membersihkannya. Kemudian, siram bagian yang diamplas dengan air bersih dan tunggu sampai mengering.


"Kalau sudah kering, olesi bagian karat dengan autosol. Murah
kok
cuma Rp15-Rp20 ribuan," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya