Nissan Buat Mobil Pintar Tanpa Pengemudi

Nissan Concept Crossover.
Sumber :
  • iol.co.az

VIVA.co.id - Nissan berencana memperkenalkan proyek mobil pintar tanpa pengemudi (otonomos) pada 2017 mendatang. Nissan menempuh langkah ini lantaran merasa perlu untuk menjawab tantangan zaman dimana kebutuhan teknologi meningkat di masa akan datang.

Sejauh ini, sejumlah pabrikan memang tengah ramai-ramai menggodok mobil otonomos. Bahkan, raksasa internet Google juga ikut mengembangkan mobil berteknologi canggih itu.

Dalam sebuah keterangan, Nissan menyampaikan mobil otonomos yang akan diperkenalkan dua tahun mendatang itu menggunakan basis crossover. Pengujian teknologi tersebut dikatakannya tengah berlangsung.

[Baca juga: ]

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

Menurut Wakil Presiden Desain Pengembangan Kendaraan Nissan, David Moss, sementara pihaknya akan menggunakan teknologi ini sebagai fitur keselamatan utama. Otonomos nantinya akan dimanfaatkan Nissan untuk berkerja lebih optimal di saat kemacetan terjadi.

Sebab, di saat macet banyak pengemudi yang merasa lelah. Fungsi otonomos itulah yang nantinya bisa dapat diterapkan dengan pengaturan kecepatan yang dibatasi. Namun demikian, langkah selanjutnya Nissan akan kembali mengembangkan agar fitur ini tak hanya berlaku saat kondisi macet saja.

[Baca juga: ]

"Ini awalnya akan bekerja di saat kemacetan saja, sampai dengan kecepatan tertentu. Maka hal berikutnya, hanya beberapa tahun setelah itu, akan membawanya ke jalan raya dimana kendaraan bisa memiliki kemampuan mengubah jalur," kata Moss seperti dilansir Autocar, Jumat 2 Oktober 2015.

Sebenarnya, kata dia, fitur keselamatan otonom ini bisa dibekali pada deretan crossovernya. Tetapi Moss mengonfirmasi jika pihaknya akan menyaring mana mobil yang pantas mendapatkan fitur tersebut. Sementara, teknologi ini akan dijejali pada crossover bertubuh langsing mereka.

Nissan-Datsun Perluas Jaringan hingga Aceh

[Baca juga: ]

"Nantinya kami akan membawa teknologi ini tidak hanya untuk pembeli premium yang membeli model dengan spesifikasi paling tinggi, tetapi untuk khalayak yang lebih luas. Ini akan datang ke pasar secara bertahap," katanya.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016