Mobil Tiba-tiba Rem Blong, Ini Tipsnya

Ilustrasi pedal mobil.
Sumber :
  • www.toyota.astra.co.id

VIVA.co.id - Sejumlah kecelakaan di jalan raya terjadi akibat kasus rem tak pakem alias blong. Pada kondisi itu, biasanya rem tak berfungsi maksimal meski sudah diinjak sekeras mungkin.

Penyebab rem yang blong diketahui bermacam-macam, mulai dari dari kanvas rem yang telah habis, piston rem yang aus, jumlah dan kualitas minyak rem yang menurun, selang yang bocor, hingga masalah di booster dan master rem. Perawatan pada sistem pengereman secara berkala tentu wajib dilakukan untuk menghindari kasus seperti ini.

Lantas apa yang perlu dilakukan ketika sudah terlanjur rem blong ketika berkendara? Berikut ulasannya seperti dilansir situs resmi Toyota, Sabtu 3 Oktober 2015.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

[Baca juga:]

Jika Anda sudah mulai merasakan rem tidak pakem setelah menginjak pedal rem, maka lakukan pengocokkan rem secepatnya. Caranya, injak dan lepas pedal rem beberapa kali sambil mengurangi laju kecepatan mobil. Setelah kecepatan berkurang segera pindahkan posisi gigi persneling dengan perlahan-lahan.

Jangan lupa, memastikan jarak mobil Anda dengan kendaraan lain baik yang berada di depan maupun belakang masih dalam jarak yang aman.

Jika laju kendaraan sudah mulai berkurang segeralah menepikan kendaraan Anda. Pada saat itulah, Anda bisa menggunakan rem tangan untuk menghentikan mobil.

[Baca juga: ]

Namun, cara itu harus Anda lakukan dengan perlahan. Bila Anda tak yakin laju kecepatan mobil belum memungkinkan, pindahlah posisi gigi persneling beberapa kali, hingga kecepatan berkurang.

Langkah tersebut bisa Anda lakukan jika jarak antara mobil yang Anda kemudikan dengan kendaraan lain masih dalam posisi jarak aman.

Bila tidak, Anda harus melakukan langkah darurat menabrakkan mobil ke benda mati tetapi dengan risiko yang minim.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017