Lima Keuntungan Memakai Velg Alloy

Pelek sepeda motor
Sumber :

VIVA.co.id - Jika kita perhatikan, saat ini hampir sebagian besar sepeda motor yang dijual oleh produsen memakai velg jenis alloy. Velg yang juga dikenal dengan nama velg racing ini juga banyak diminati oleh konsumen, karena beberapa keunggulannya.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Bikesindia, Senin 5 Oktober 2015, setidaknya ada lima kelebihan velg alloy dibanding velg jari-jari, atau spoke wheels. Yang pertama adalah kekuatannya. Velg alloy dibuat dengan cara memadukan dua jenis logam menjadi satu buah velg.

Penggabungan ini membuat sifat velg menjadi keras dan kokoh. Tidak sepeti velg jari-jari, velg alloy tidak bisa bengkok, baik pada bibir velg maupun penghubung ke poros roda.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Keunggulan kedua, adalah bobotnya menjadi lebih ringan. Layaknya semua komponen pada motor, velg yang ringan tentu berdampak pada akselerasi yang lebih baik.

Akibat sifatnya yang kokoh, pengendalian motor yang menggunakan velg alloy menjadi lebih stabil. Velg tidak akan berubah elastisitasnya, meski kondisi aspal tidak rata. Hal ini otomatis membuat daya cengkeram ban tetap optimal.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

Bentuk velg alloy juga lebih sederhana, sehingga untuk membersihkannya hanya butuh waktu sebentar. Selain itu, velg juga biasanya dicat dengan bahan khusus yang mudah dibersihkan.

Keunggulan terakhir velg jenis ini adalah bisa menggunakan ban jenis tubeless, atau tanpa ban dalam, sehingga proses perbaikan bila terkena paku menjadi lebih singkat dan mudah. (asp)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016