Kawasaki Daftarkan Paten, Ninja Listrik Segera Meluncur?

Sketsa Kawasaki Ninja versi listrik.
Sumber :
  • www.visordown.com

VIVA.co.id - Banyak perusahaan pembuat sepeda motor tertarik untuk memproduksi penggerak bertenaga listrik. Saat ini, pabrikan motor yang diisukan segera memproduksi motor listrik adalah Honda, Yamaha, dan Harley-Davidson.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

Dilansir dari Therideadvice, Selasa 6 Oktober 2015, Kawasaki juga dikabarkan tertarik terjun ke bidang pembuatan motor listrik. Upaya ini diketahui setelah mereka mendaftarkan hak paten untuk pengembangan teknologi regenerative braking, yaitu fitur yang mampu mengubah energi panas dan gerak saat pengereman, menjadi energi listrik.

Teknologi ini sebenarnya bukan barang baru di dunia motor listrik. Produsen motor listrik asal Amerika Serikat, Zero Motorcycle, sudah melakukan riset teknologi tersebut sejak beberapa tahun terakhir.

Kawasaki Siapkan Penantang Honda CBR250RR, Mesin 4 Silinder

Salah satu kelemahan sistem ini adalah kecepatan motor akan menurun drastis, akibat berfungsinya fitur tersebut, saat pengendara melambatkan laju motornya. Namun, menurut paten yang didaftarkan oleh Kawasaki, mereka berusaha mengurangi beban dengan cara memasang beberapa sensor.

Pada sistem yang dirancang Kawasaki, fitur hanya akan bekerja saat pengendara menutup tuas gas dan menekan rem. Fitur tidak akan bekerja bila pengendara hanya menutup tuas gas, atau ketika sedang menikung.

Cara Mudah Jadikan R25 dan Ninja 250 Lebih Kencang

Selain regenerative braking, Kawasaki juga diketahui telah mendaftarkan hak paten untuk penggunaan nama Ninja E2 dan E2R. Dengan informasi tersebut, besar kemungkinan mereka akan siap menghadirkan motor Ninja bertenaga listrik dalam dua atau tiga tahun lagi.

Terra Motors XMAN Blade

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Sayang pihak Jaya Mimika Lestari masih enggan bocorkan harganya.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016