Menjajal Motor Non-mainstream Buatan AS

Motor listrik Zero SR.
Sumber :
  • Dok: Zero Motorcycle

VIVA.co.id - Sudah sejak dahulu, produk otomotif digunakan sebagai bagian dari identitas seseorang. Mereka yang memiliki banyak uang tentu akan memilih jenis kendaraan yang mewah, sementara golongan menengah ke bawah cenderung membeli produk yang murah namun memiliki banyak fungsi.

Menaklukkan Himalaya dengan Motor Royal Enfield

Kini, ada satu lagi produk otomotif baru, yang saat ini belum banyak dibeli orang, namun memiliki keunikan tersendiri. Produk yang dimaksud adalah sepeda motor yang menggunakan listrik sebagai penggeraknya.

Motor listrik yang mendapat giliran untuk diuji oleh VIVA.co.id kali ini adalah Zero Motorcycle tipe SR. Produk buatan Amerika Serikat ini sebenarnya sudah banyak dimiliki oleh mereka yang tinggal di kawasan Amerika dan Eropa.

Bocoran Tiga Motor Listrik Baru yang Bakal Masuk Indonesia

Ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, yang baru saja digelar beberapa waktu lalu, menjadi tempat peluncuran motor listrik Zero. Motor ini didatangkan secara utuh dari AS oleh Garansindo Technologies.

Dari tampilannya, Zero SR tidak jauh berbeda dengan motor sport yang banyak beredar di Indonesia. Motor ini didesain tanpa fairing dan dilengkapi lampu depan yang bentuknya menyerupai Yamaha V-ixion terbaru.

Tiga Motor Listrik Jepang yang Mejeng di GIIAS 2016

Namun untuk urusan bobot, Zero SR beratnya kurang lebih sama dengan motor gede (moge) berkapasitas 600cc, yakni 188 kilogram Yang membuat bobot motor ini cukup berat adalah baterai Z-Force jenis lithium-ion berkapasitas 12,5 kilo Watt hours (kWh).

Berbeda dengan motor pada umumnya, Zero SR menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Motor yang digunakan mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 daya kuda.

Meski tenaganya tidak besar, namun motor ini memiliki torsi hingga 144 Newton meter, menjadikannya sangat agresif saat berakselerasi. Untuk menjalankan motor ini, pengendara cukup memutar kunci kontak ke posisi on dan memutar tuas gas.

Zero SR menawarkan sensasi yang berbeda dalam hal berkendara. Anda tidak akan mendengar suara nyaring hasil pembakaran mesin. Motor listrik yang digunakan hanya mengeluarkan suara dengungan halus saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

Pengendara dapat memantau kecepatan melalui panel instrumen berukuran kecil yang ada di bagian atas lampu depan. Panel ini juga menampilkan kapasitas baterai yang tersedia, jarak tempuh dan beberapa informasi lainnya.

Meski tidak mengeluarkan suara, namun performa motor ini tidak perlu diragukan lagi. Kecepatan 80 kilometer per jam dapat diraih dengan mudah, dalam hitungan kurang dari lima detik.

Zero menyediakan tiga pengaturan performa, sesuai kebutuhan pengendara, yakni eco, sport dan custom. Pemilik motor juga bisa memantau status motor melalui aplikasi yang tersedia pada smartphone, yang terhubung secara nirkabel menggunakan bluetooth.

Saat pengujian konsumsi listrik, tercatat Zero SR menghabiskan 25 persen daya untuk menempuh jarak sejauh 50 kilometer. Artinya, motor ini hanya perlu diisi ulang tenaga listriknya setiap dua hari sekali.

Zero SR memerlukan waktu lebih dari delapan jam untuk mengisi ulang baterai hingga penuh. Jika menggunakan tambahan alat pengisi baterai, waktu pengisian bisa dipersingkat hingga lebih dari 50 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya