Honda dan Yamaha Sepakat Kerja Sama

Logo Honda dan Yamaha. Dua pabrikan Jepang ini dituding melakukan kartel harga skuter matik 110-125cc.
Sumber :
  • iconshut

VIVA.co.id - Rival abadi sepeda motor Honda dan Yamaha terlihat duduk bersama usai berunding. Keduanya sepakat untuk melakukan pengembangan teknologi otomotif di masa mendatang. Pengembangan yang disepakati yakni penjejalan teknologi komunikasi antarmotor.

Kerja sama tak hanya dilakukan kedua pabrikan asal Jepang itu. BMW Motorad juga ikut nimbrung dalam kesepakatan tersebut. Diharapkan dengan adanya teknologi yang disebut Cooperative-Intelligent Transportation Systems (C-ITS) itu, angka kecelakaan akan berkurang. Demikian dilansir Asphaltandruber, Rabu 7 Oktober 2015.

Langkah tiga perusahaan motor ini jika diamati mirip dengan kerja sama yang dilakukan Ford, Daimler, dan Volkswagen. Ketiganya merupakan bagian dari Konsorsium Komunikasi Antarkendaraan (Car2Car Communication Consortium). Namun, BMW Motorad, Honda, dan Yamaha akan membentuk grup baru yang mereka berinama Connected Motorcycle Consortium (CMC).

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Honda has been working on intelligent transportation systems technology for a while now. This diagram was from a 2009 presentation on ITS.

Langkah pertama yang akan dilakukan, yakni membenamkan sebuah perangkat yang dapat mengirim dan menerima sinyal dari satu kendaraan ke kendaraan lain. Dengan begitu, risiko kecelakaan seperti hantaman di persimpangan lalu lintas dan sebagainya dapat diminimalisir, termasuk kendaraan yang tidak terlihat.

Sedianya, teknologi ini baru akan diaplikasikan pada 2020 mendatang dan seterusnya.

"Ini kami lakukan untuk mempercepat perkembangan keselamatan sebuah sepeda motor. Kami bermaksud untuk bekerja sama untuk mempromosikan kesuksesan implementasi dari C-ITS di sepeda motor dan skuter," kata Operating Officer Honda Motor Company, Tetsuo Suzuki.

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016

The row of purple lights above the instrument cluster indicate the direction of a potential danger.

Hal yang sama disampaikan oleh Takaaki Kimura, Chief General Manager of Technology Center and Executive Vice President and Representative Director of Yamaha, yang menyatakan pihaknya siap untuk membangun motor yang lebih aman.

“Ini adalah langkah yang masuk akal untuk masuk ke dalam kerja sama yang didedikasikan sepenuhnya untuk menjawab tantangan yang berkaitan dengan kendaraan roda dua,” ujar Takaaki.

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Fungsinya sangat vital, makanya perlu perawatan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016