Berat Angkat Moge yang Jatuh? Berikut Tipsnya

Tips mengangkat motor gede.
Sumber :
  • cycleworld

VIVA.co.id - Dengan postur dan berat orang Indonesia yang relatif lebih pendek dan kecil dibanding orang Eropa terkadang hal itu menimbulkan masalah. Salah satunya saat mengangkat motor gede (moge) yang terjatuh.

Mengangkat moge tentu bukan pekerjaan mudah. Kebanyakan moge punya bobot yang sangat berat. Padahal, saat ini telah banyak beredar moge-moge dengan spesifikasi Eropa beredar di Indonesia.

Namun orang Indonesia tak perlu minder saat menemui kasus terjatuh dari moge. Rupanya ada tips mudah untuk mengangkat moge yang terjatuh, hanya perlu teknik sederhana.

Berikut tips mengangkat moge yang jatuh menurut cycleworld:

pick-up your bike illustration #1

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

1. Langkah pertama adalah mematikan mesin dan pastikan gigi transmisi dalam posisi netral. Lalu arahkan stang ke arah motor jatuh. Jika motor jatuh ke kiri maka stang harus ditekuk ke kiri. Begitu juga sebaliknya.

pick-up your bike illustration #2

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

2. Belakangi motor dan letakkan pantat di tengah-tengah motor dengan posisi jongkok. Kedua tangan memegang bagian motor seperti tangki dan bawah jok untuk mengangkatnya.

pick-up your bike illustration #3

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

3. Angkat motor perlahan-lahan. Setelah terangkat dan mendekati posisi tegak segera tangan kanan (motor jatuh ke kiri) memegang bagian terendah motor yakni bagian stang.

pick-up your bike illustration #4

4. Gunakan tangan kiri untuk menjangkau bagian terendah motor untuk memberikan kekuatan saat mengangkat.

pick-up your bike illustration #5

5. Setelah itu sejajarkan dan rapatkan kaki. Angkat dagu dan melihat ke atas sembari pelan-pelan menegakkan motor. Hal itu dilakukan agar terhindar dari cedera punggung. Setelah mendekati tegak segera gunakan standar samping.

Mudah bukan? Selamat mencoba.....

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya