8 Manfaat Cuka Buat Kebersihan Mobil, Jarang yang Tahu

Cuka buat kebersihan mobil.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Siapa sangka cuka yang notabene merupakan salah satu bumbu yang ada di dapur ini memiliki banyak manfaat untuk kendaraan, khususnya mobil. Ya, cuka ternyata dapat membersihkan sejumlah kotoran bandel yang menempel di mobil.

Dengan cuka, Anda tak perlu repot-repot lagi membawa kendaraan ke tempat poles, atau kesulitan membersihkan interior. Sebab, dengan cuka semuanya dapat diatasi dengan mudah.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Berdasarkan informasi yang dihimpun redaksi, cuka sedikitnya memiliki delapan fungsi untuk kendaraan yang jarang diketahui orang. Apa saja? Berikut daftarnya:

1. Mencopot stiker

Cuka dikenal ampuh untuk mencopot stiker pada kendaraan. Tak butuh waktu lama, bekas stiker yang membandel akan sirna jika ditetesi sedikit cairan cuka. Alhasil, Anda tak perlu repot-repot membersihkan 'noda' bekas stiker.

2. Bersihkan noda pada interior

Cuka juga dikenal ampuh untuk membersihkan noda pada interior. Untuk membersihkan noda yang membandel baik pada dasbor atau jok, campurkan cuka bersama air dengan perbandingan sama. Ambil kain bersih kemudian celupkan. Gosok perlahan pada permukaan yang terkena noda.

3. Hilangkan bau tak sedap di kabin

Bau pada kabin terkadang tidak dapat dihilangkan hanya dengan menggunakan pengharum ruangan. Cuka juga bisa mengambil peran dalam kondisi tersebut. Caranya, letakkan segelas cuka di dalam kabin dan biarkan semalam. Keesokan harinya, Anda tak akan mencium lagi bau tak sedap.

4. Bersihkan kotoran burung

Kotoran burung terkenal merupakan musuh bebuyutan sebuah mobil. Sebab kotoran burung dapat dengan cepat merusak cat. Maka itu, untuk menyingkirkan kotoran burung yang mengering pada mobil, cukup dengan mengolesinya dengan cuka.

Selanjutnya>>> Mengkilapkan krom...

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya


5. Mencegah embun beku

Ketika musim dingin, cuka ternyata juga sangat berfungsi, yakni untuk mencegah embun beku melapisi jendela mobil Anda. Caranya adalah dengan melapisi jendela mobil Anda dengan cuka sebelum mobil ditinggal.

6. Bersihkan karpet mobil

Noda lengket bekas jalanan merupakan momok pada sebuah kendaraan. Namun, dengan cuka masalah itu dapat hilang. Caranya, campur cuka dan air dengan proporsi yang sama, dan oleskan ke karpet mobil Anda. Lalu, bersihkan menggunakan kain atau handuk. Dijamin noda lengket dapat hilang sengan cepat.

7. Pembersih wiper

Membersihkan wiper dengan cuka tak hanya menghilangkan kotoran, tapi juga mampu mengembalikan elastisitas karet wiper. Jadi, cara ini patut dicoba.

8. Mengkilapkan komponen krom

Komponen krom seperti list, atau velg bisa menjadi kusam meski sudah dicuci. Mensiasati kondisi tersebut, usap permukaan krom dengan kain yang sudah diberi cuka Setelah dicuci. Lalu, lihat hasilnya. (asp)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017