Masalah Motor Ternyata Bisa Diketahui Lewat Busi

Busi
Sumber :
  • http://penghematbbm.org

VIVA.co.id - Busi merupakan komponen penting bagi sebuah sepeda motor yang berperan dalam sistem pengapian. Rupanya beberapa masalah dan kerusakan pada motor dapat dideteksi dari komponen yang satu ini.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Seperti yang dilansir Welovehonda, busi dapat menggambarkan masalah pembakaran pada sebuah sepeda motor. Tentu saja hal pertama yang harus dilakukan tentu melepas busi dari kendaraan.

Setelah melepas busi dari kendaraan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memastikan warna elektroda pada busi. Dari warna ini lah dapat diketahui kondisi sepeda motor.

Jika warna elektroda kecokelatan atau merah bata, itu tandanya pembakaran sepeda motor optimal atau tidak ada masalah. Namun dipastikan ada masalah jika elektroda memperlihatkan warna yang berbeda.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Berikut ini masalah pada motor berdasarkan warna elektroda busi:

1. Warna elektroda menghitam. Hal itu menandakan campuran udara dan bensin tidak seimbang. Biasanya lebih banyak bensin dan efeknya tentu konsumsi bahan bakar meningkat alias boros.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

2. Warna elektroda memutih. Pertanda kalau campuran udara dan bensin lebih banyak udaranya. Efeknya, motor bakalan lebih cepet panas dan akhirnya akan cepat merusak komponen di dalam mesin.

3. Warna elektroda hitam dan dipenuhi oli. Ini yang paling bahaya. Hal itu menandakan oli telah masuk ke ruang bakar karena ring piston sudah dalam kondisi jelek dan mungkin liner piston baret.

Konsekuensi oli masuk ke mesin tentu bikin motor ngebul asap putih dan oli cepat habis. Selain itu motor menjadi tak bertenaga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya