Tiga Kerugian Isi Bensin Hingga Luber

Pertamax
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Sebagian pemilik kendaraan bermotor lebih memilih mengisi bensin hingga luber. Alasannya, tentu agar efisien dan tak perlu repot-repot mengisi bensin beberapa waktu ke depan.

Padahal, perilaku ini ternyata tak dianjurkan. Sebab, sama berisikonya saat mengisi bensin dalam kondisi tangki benar-benar kosong.

Dilaporkan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, Environmental Protection Agency (EPA), ada beberapa penyebab mengapa tidak dianjurkan mengisi bensin hingga luber.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Menurut studi yang dilakukan EPA, ada tiga kerugian yang akan diderita konsumen jika mengisi bensin hingga luber.

Pertama, yakni bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki pom bensin. Kondisi ini terjadi, lantaran mesin pengisian bahan bakar yang ada saat ini sudah dibekali dengan penghisap uap bensin.

Artinya, jika selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah penuh, penghisap akan otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil, atau motor.

Kerugian kedua, yang disebutkan EPA adalah efek buat kesehatan. Sebab, setiap bensin yang tumpah, atau menguap dapat menjadi faktor penyumbang polusi udara.

Sedangkan kerugian ketiga, yakni secara finansial. Sebab, tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang.

Diketahui, setiap tangki bensin kendaraan sejatinya selalu dibekali dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan bahan bakar minyak (BBM) saat ada di dalam tangki bensin.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Bila seluruh ruang tangki dipenuhi bensin, gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang. Artinya, bensin terbuang percuma.

Sumber: Epa.gov (asp)

Cara Ampuh Bersihkan Noda di Karpet Mobil Bahan Beludru
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017