Cara Mudah Bedakan STNK Asli atau Palsu

STNK Motor.
Sumber :
  • wahyudimotorcyclenews

VIVA.co.id - Dewasa ini kasus pencurian kendaraan kian mengkhawatirkan. Tak cuma sepeda motor, mobil pun demikian. Kondisi tersebut tentu membuat khawatir para pemilik kendaraan.

Parahnya, para oknum nakal yang melakukan pencurian kendaraan tak cuma memalsukan pelat, namun juga terkadang memalsukan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar mobil curian tak terdeteksi.

Diakui Kasat Reskrim Polres Tanjung Priok, AKP Ari Cahya Nugraha, membedakan STNK asli atau palsu cukup sulit. Sebab, secara kasat mata sangat mirip.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

"Kalau dilihat secara kasat mata sangat mirip," kata Ari Cahya seperti dilansir situs resmi Toyota.

[Baca juga: ]

Ari Cahya pun menjelaskan perbedaan antara dokumen kendaraan bermotor asli dan palsu. Menurut dia, perbedaan tersebut tidak signfikan dan harus dilihat menggunakan sinar X-Ray.

"Alat kami di Polda Metro Jaya, X-Ray itu bisa kita ketahui. Kalau dilihat dari X-Ray, yang palsu tidak terlihat garis air, dan hologramnnya. Begitu juga dengan BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor)," ucap Ari Cahya.

Ari Cahya mengatakan, garis air yang dimaksud yakni benang pengaman yang ada pada STNK asli.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

[Baca juga: ]

"Itu yang sulit dipalsukan. Bentuk pengaman STNK yang palsu itu biasanya dalam bentuk cetakan, bukan jahitan. Bisa kita lihat kok, hologram milik Polda dan Dispenda. Itu kan sangat terlihat sekali bedanya asli dan yang palsu," kata Ari Cahya.

Perbedaan selanjutnya, kata Ari Cahya, terlihat pada bahan yang dipakai oleh para pelaku kejahatan.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

"STNK dan BPKB asli tidak akan pudar jika terkena air. Kemudian, kalau BPKBP palsu, fakturnya lebih tebal daripada yang asli," kata Ari Cahya. (ase)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016