Arti Nama Agya dan Ayla, Tak Banyak yang Tahu

Sumber :
  • Dokumentasi TAM

VIVA.co.id - Banyak orang menyebut apalah arti sebuah nama. Padahal, nama tentu saja menggambarkan sebuah identitas. Tak cuma itu, nama juga memiliki arti kekuatan pada sebuah produk.

Cara Murah Bikin Agya dan Ayla Lebih Bertenaga

Tak heran jika kemudian banyak perusahaan yang mengaku kesulitan untuk memberikan nama pada produk yang akan dijualnya. Padahal, meski hanya sebatas nama.

Setidaknya hal ini juga berlaku di dunia otomotif. Toyota dan Daihatsu saja mengaku banyak sekali melakukan pertimbangan yang dilakukan pabrikan sebelum melabeli nama mobil-mobilnya. Di antaranya mobil murah ramah lingkungan alias Low Cost and Green Car (LCGC) mereka, Agya dan Ayla.

Agya dan Ayla rupanya melekat dengan nama sansekerta. Ini ditujukan lantaran kedua mobil yang diproduksi di Indonesia ini wajib dibekali nama lokal.

"Dalam peraturan LCGC itu, salah satunya harus menggunakan nama lokal. Makanya kami lihat manufakturnya siapa, Astra Daihatsu dan Astra Toyota, itukan nama lokalnya," kata Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman M Rusdi.

Kata dia, Agya berarti Cepat, sementara Ayla berarti Cahaya. "Iya, nama Agya dan Ayla sendiri diambil dari bahasa sansekerta," kata dia.

Hal itu pun berlaku untuk dua mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) andalan Toyota-Daihatsu, Avanza-Xenia. Berbagai pertimbangan dilakukan agar mobil keluarga dengan harga terjangkau itu populer sebelum diluncurkan.

Avanza ternyata merupakan sebuah kata yang berasal dari Negeri Pizza, Italia. Di sana, kata ini dikenal dengan sebutan Avazanto yang berarti kemajuan atau peningkatan.

Sementara itu, saudara kembarnya, Xenia, berasal dari akar bahasa Yunani, Xenos yang berarti tamu atau orang asing.

Daftar Harga Terbaru 'Mobil Murah' Toyota

Sumber: Toyota dan Daihatsu

Aryo Ngotot Modif Agya Agar Tak Terlihat Murahan
Toyota Agya. Salah satu LCGC yang sukses dikelasnya.

Panduan Perhitungan Kredit Mobil Toyota Agya

Ada potongan DP Rp7 juta.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2016