Ujian Praktek Bikin SIM Sulitnya Minta Ampun, Benarkah?

Ujian praktek bikin SIM motor.
Sumber :
  • www.nastopo.com
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Surat Izin Mengemudi atau SIM memang hal yang wajib dimiliki para pengendara mobil maupun motor. Namun pada kenyataannya, untuk melakukan tes pembuatan SIM di kantor polisi masih dianggap sulit, khususnya SIM C (motor).

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tak heran, saat melakukan tes praktek dengan kondisi
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
setting jalanan sempit, jalur zigzag dan angka delapan, para calon pembuat SIM kerap berguguran. Bahkan, tidak sedikit yang menganggap pengetesan praktek dinilai menyulitkan dan konyol.


Namun hal itu dibantah Kasat Lantas Polres Jepara, AKP Andhika Wiratama. Menurutnya pengetesan teori pembuatan bukanlah dibuat-buat oleh pihak kepolisian hanya semata-mata menyulitkan masyarakat.


“Bukan dibuat-buat. Tetapi, tes teori dengan keragaman trek ini dibuat oleh pemerintah, DPR yang menggandeng ahli yang sudah sesuai dengan standar khusus, bahkan internasional, dan sudah ada aturannya dalam Undang-undang,” ujar Andhika kepada
VIVA.co.id
, saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta, Selasa 20 Oktober 2015.


Andhika juga menyatakan, kesulitan saat pengetesan uji SIM memang sengaja dibuat sulit untuk memberikan gambaran bahwa kondisi yang terjadi di jalanan lebih berat dibanding saat pengujian.


“Kondisi di jalanan lebih fantastis, setidaknya jika lulus di trek zigzag dan angka delapan, maka keterampilannya berkendara di jalanan nanti jadi di atas rata-rata,” katanya.


Andhika pun menyarankan, jika ingin cepat lulus dalam tes ujian SIM, khususnya SIM C, ada baiknya melakukan simulasi terlebih dahulu di tanah lapangan dengan kondisi yang sama saat diuji di kantor kepolisian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya