Bermasalah, Honda Indonesia Recall Mobilio, Jazz dan City

Honda Mobilio
Sumber :
  • HPM

VIVA.co.id - PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen tunggal pemegang merek mobil Honda di Indonesia melakukan penarikan terhadap ribuan unit mobilnya. Mulai dari Honda Mobilio, Honda Jazz dan sedan Honda City.

Dalam keterangan tertulis yang dikirim Honda ke meja redaksi VIVA.co.id, penarikan yang juga disebut kampanye pembaruan program (Program Update) ini terjadi pada bagian Electronic Control Unit (ECU).

Honda menyatakan, kampanye ini sebagai bagian dari program global yang dijalankan oleh Honda Motor untuk memastikan standar keselamatan dan kualitas yang tertinggi pada seluruh produknya.

Adapun jumlah unit yang teridentifikasi di dalam program ini meliputi 19.881 unit Honda Mobilio tipe CVT produksi tahun 2014 dan 2015, 745 unit Honda Jazz tipe CVT produksi tahun 2014, dan 17 unit Honda City tipe CVT produksi tahun 2014.

Menurut Tomoki Uchida, President Director PT HPM, program ini merupakan bentuk langkah pencegahan yang dilakukan Honda untuk memastikan bahwa seluruh produk berada dalam standar keamanan tinggi dan berkualitas. Sekalipun untuk produk yang telah berada di tangan konsumen.

"Sebagai bentuk tanggung jawab, Honda selalu melakukan evaluasi berkesinambungan terhadap seluruh produk demi mencapai kepuasan pelanggan yang tertinggi,” jelas Tomoki, Jumat, 30 Oktober 2015.

Tomoki menyatakan bahwa hingga saat ini Honda belum mendapatkan laporan permasalahan ataupun adanya kecelakaan maupun cedera.

Honda akan melakukan tindakan pencegahan kerusakan Drive Pulley Shaft (poros penggerak) pada komponen CVT, yang diakibatkan oleh tekanan hidrolik dari oli CVT yang berlebihan saat pengemudi menekan dan melepas pedal gas secara berulang-ulang pada kecepatan tinggi, sehingga dapat menyebabkan kendaraan kehilangan daya.

Nasib Honda Mobilio yang Tak Laku di India

Pembaruan program tersebut dilakukan pada ECU untuk mengontrol tekanan hidrolik dari oli CVT.

Bagi para pemilik mobil teridentifikasi, Honda akan mengirimkan surat pemberitahuan melalui dealer resminya, dan konsumen dapat mendatangi dealer resmi Honda di seluruh Indonesia mulai dari 2 November 2015. Estimasi waktu pengerjaan pembaruan program ini adalah sekitar sekitar 30 menit.

Untuk informasi lebih lanjut, konsumen dapat menghubungi Honda Customer Care di toll free 0-800-11-22-789 dari Senin - Jumat, pukul 09.00 s/d 17.00 WIB atau hubungi dealer resmi Honda terdekat. Selain itu konsumen juga dapat melakukan booking terlebih dahulu di diler resmi Honda. (ase)

Toyota FT 86

Toyota FT 86 Kena 'Recall', Bagaimana dengan Indonesia?

Ini menjadi mobil sport pertama yang dijual TAM di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016