Lagi Cari Diskon Mobil Baru? Ini Daftar Lengkapnya

Mobil keluarga. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • serbaserbiartikel

VIVA.co.id - Akhir tahun 2015 siap menyapa. Meski masih dalam hitungan bulan, namun para pelakon bisnis, tak terkecuali otomotif sudah menyiapkan berbagai strategi bisnisnya menatap tahun depan.

Berburu Kendaraan Harga 'Miring' di IIMS

Meski strategi sudah dikantongi, namun ada satu hal yang masih menjadi momok mereka tahun ini, yakni stok kendaraan yang menumpuk. Terlebih, belakangan industri otomotif tengah dalam masa paceklik.

Cara jitu yang biasanya dilakukan, yakni menggelar rabat, alias potongan harga terhadap sejumlah produknya. Setidaknya, kondisi tersebut terlihat di gelaran Jakarta Auto Show 2015, Senayan Jakarta, yang diikuti sejumlah Agen Pemegang Merek, 28 Oktober-1 November 2015.

Bagi yang sedang mengincar mobil baru, tentu hal ini menjadi angin segar buat mereka. Dengan demikian, anggaran setidaknya dapat tertolong, atau mungkin juga bisa dialokasikan ke kebutuhan yang lainnya.

Dalam tulisan kali ini, VIVA.co.id, akan mengulas daftar lengkap korting yang diberikan sejumlah merek di hajatan otomotif tersebut. Setidaknya, ini bisa menjadi panduan bagi Anda yang benar-benar berminat memiliki kendaraan idaman.

Mitsubishi

Obral diskon pertama datang dari merek Mitsubishi. Diskon diberikan Mitsubishi untuk sejumlah produk kendaraan penumpang. Menurut salah seorang wiraniaga, diskon ini diberikan mulai dari Rp15 juta hingga Rp50 juta.

“Programnya cuma di JAS 2015,” ujar wiraniaga tersebut kepada VIVA.co.id.

Mobil-mobil yang mendapatkan rabat, di antaranya Mitsubishi Mirage. Citycar ini diskon mulai dari Rp15-20 jutaan. Selain itu, kata wiraniaga itu, bagi konsumen yang melakukan pembayaran dengan cara kredit, bisa mendapatkan tambahan diskon hingga Rp5 jutaan.

Potongan harga yang diberikan juga terjadi pada Mitsubishi Outlander yang dikorting Rp20 jutaan. Sedangkan untuk pembayaran kredit, konsumen akan mendapatkan diskon Rp10 juta, jadi totalnya bisa mencapai Rp30 juta.

Belum sampai di situ, cuci gudang juga rupanya dilakukan Mitsubishi pada mobil SUV (Sport Utility Vehicle) Pajero Sport. Diskon diberikan mencapai Rp30 jutaan. Maklum, awal tahun depan, Mitsubishi siap meluncurkan edisi terbaru Pajero Sport.

“Untuk Pajero, kalau konsumen sudah SPK (Surat Pemesanan Kendaraan), dan disetujui, kami bisa usahakan tambah diskonnya jadi total Rp50 jutaan,” katanya.

Selain diskon, Mitsubishi juga menawarkan uang muka kecil. Tidak cuma 25 persen, tetapi juga bisa 20 persen dari harga kendaraan.

Selanjutnya>>> Diskon Datsun dan Daihatsu...

Ingin Beli Mobil KIA Baru? Manfaatkan Tawaran Diskon Ini


Datsun

Mobil murah ramah lingkungan, atau Low Cost Green Car (LCGC) memang masih menjadi incaran konsumen di Indonesia. Memanfaatkan ajang JAS 2015, Datsun rupanya memberikan diskon khusus untuk wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, diskon yang diberikan Datsun mulai dari Rp10-15 jutaan. Menurut salah seorang wiraniaga yang tak ingin disebutkan namanya, rabat yang diberikan Datsun merupakan khusus untuk pembelian secara kredit. Sedangkan untuk pembelian tunai tidak ada.

“Potongan ini, kita kasih dan akan dialihkan saat pembayaran di DP (down payment/uang muka),” kata wiraniaga tersebut.

“Misalkan, DP Datsun Go+ Panca T Option sebesar 20 persen, jadi Rp26,55 juta. Nah, setelah dapat potongan sebesar Rp15 juta, konsumen cukup bayar DP hanya Rp11,55 jutaan,” ujarnya.

Wiraniaga tersebut juga menyatakan, konsumen yang ingin melakukan pembelian secara kredit bisa menggunakan tenor tiga hingga tujuh tahun. Konsumen juga bisa menggunakan jasa perusahaan pembiayan dari Nissan Financial Service Indonesia.

Ada pun syarat untuk melakukan kredit, calon pembeli harus menyerahkan beberapa persyaratan, antara lain fotokopi NPWP, KTP pemohon suami atau istri, kartu keluarga, PBB dan rekening listrik, rekening koran, atau tabungan tiga bulan terakhir, serta surat keterangan kerja dan selip gaji (untuk karyawan).

Daihatsu

Beragam diskon juga diberikan pabrikan Daihatsu. Dari pantauan VIVA.co.id, diskon yag diberikan pabrikan asal Jepang itu mencapai Rp23 juta.

"Diskonnya mulai dari Rp8 juta sampai Rp23 jutaan," kata salah seorang sales executive Daihatsu, di JAS 2015.

Wiraniaga yang tak ingin disebutkan namanya itu juga menyatakan bahwa diskon yang diberikan berlaku untuk semua jenis dan tipe Daihatsu selama pameran dan juga di beberapa diler di kawasan Jabodetabek.

Beberapa diskon yang diberikan, antara lain Xenia Rp12 juta, Terios Rp17 juta, Ayla Rp8 juta, Gran Max Rp16 juta, Luxio Rp23 juta, dan Sirion Rp12 juta.

Selain Xenia, DP murah juga diberikan untuk pembelian Gran Max jenis pikap. Konsumen hanya butuh merogoh kocek sebesar Rp7,5 juta. "Semua promo ini diberikan dengan  tenor antara tiga-lima tahun. Barangnya juga ready stock semua," ucapnya.

Selanjutnya>>> Diskon Toyota dan Ford...

Mazda Biante Banting Harga

Ford

Tak cuma mobil-mobil Jepang yang 'banting harga', hal demikian juga dilakukan perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Ford.

Menurut salah seorang wiraniaga, potongan harga yang diberikan berkisar Rp30 jutaan. Potongan tersebut hanya diberikan selama pameran berlangsung.

"Potongan Rp30 juta untuk Ford Fiesta yang baru. Potongan harga tersebut dapat bertambah, tergantung tenor yang akan diambil konsumen," ujar wiraniaga tersebut kepada VIVA.co.id.

Sebagai catatan, varian termurah Ford Fiesta dibanderol Rp237 juta untuk Fiesta Trend transmisi manual. Sedangkan yang termahal varian EcoBoost transmisi matik, seharga Rp284 juta.

Selain Ford Fiesta, potongan harga yang sama juga diberikan kepada Ford EcoSport. Sedangkan untuk Ford Focus, All New Ranger dan All New Everst tidak terdapat potongan harga karena merupakan varian terbaru.

"Potongan harganya nanti otomatis akan masuk ke potongan DP. Jadi DP yang yang harus dibayarkan oleh konsumen itu lebih ringan," katanya.

Toyota

Bergeser ke raksasa otomotif Toyota. Melalui Auto2000, perusahaan asal Jepang itu menawarkan diskon beragam. Korting pertama datang dari mobil sejuta umat, Grand New Avanza. Mobil ber-genre Multi Purpose Vehicle (MPV) itu dirabat sekira Rp12 juta.

Menurut salah seorang wiraniaga, diskon juga diberikan untuk Innova sebesar Rp30 juta, Fortuner Rp35 juta, dan Rush Rp15 juta.

Dalam acara JAS 2015, Auto200 memberikan promo menarik khusus pembelian Avanza, yaitu dengan cicilan ringan hanya Rp1 juta. "Ini paket super. DP atau uang mukanya antara 20-25 persen," kata wiraniaga tersebut kepada VIVA.co.id.

Hanya saja, angsuran Rp1 juta berlaku untuk pembayaran mulai dari bulan pertama sampai bulan ke 10. Sedangkan sisa pembayaran ke 11 dan seterusnya tentu akan menjadi lebih besar dari tarif normal.

Selain itu, angsuran Rp1 juta juga diberikan untuk model Grand New Avanza 1,3 tipe E STD M/T yang dibanderol Rp178,1 juta. Perhitungannya, untuk TDP Rp38,42 juta, tenor 36 bulan, sisa angsuran bulan ke 11 dan seterusnya sebesar Rp6,56 juta per bulan.

Jika TDP Rp38,42 juta, tenor 48 bulan, sisa angsuran bulan ke 11 dan seterusnya sebesar Rp5,05 juta per bulan. Lalu, untuk TDP Rp38,42 juta, tenor 60 bulan, sisa angsuran bulan ke 11 dan seterusnya Rp4,30 juta.

Selain Avanza 1.3 tipe E STD M/T, angsuran kurang dari Rp2 jutaan (Rp1,13 juta - Rp1,7 juta) per bulan ini juga diberikan untuk tipe Avanza lainnya mulai dari Avanza 1.3 tipe E STD A/T hingga Avanza 1.5 tipe Veloz A/T.

Selanjutnya>>> Jaguar dan Lexus...



Lexus

Merek mobil mewah Lexus juga ambil bagian dalam perhelatan yang digelar di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta itu. Tawaran diskon yang diberikan mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta.

Di ajang tersebut, Lexus sengaja hanya memamerkan tiga produk unggulannya, yakni Lexus NX200t, ES300 dan RX570. Dan, khusus bagi pengunjung JAS, diskon menarik ditawarkan.

"Khusus di JAS kami memang memberikan diskon. Untuk NX200t kami tawarkan diskon Rp5 juta. Yang paling besar untuk pembelian RX570 kami beri diskon Rp300 juta," kata salah seorang wiraniaga Lexus.

Sebagai catatan, untuk harga NX200t saat ini dibanderol Rp970 juta untuk versi sport (on the road) dan Rp935 juta untuk versi Luxury.

Sedangkan untuk sedan ES300, Lexus memberikan diskon Rp20 juta. Namun, Lexus juga menyediakan pilihan bagi konsumen yang ingin membeli sedan seharga Rp1,35 miliar ini. Konsumen dapat mengganti diskon tersebut dengan pilihan rear seat entertainment.

Namun, diskon terbesar diberikan untuk RX570. Mobil kekar Lexus ini diberi diskon hingga Rp300 juta dari harga yang dibanderol senilai Rp2,27 miliar.

"Untuk jenis RX570 ini tinggal 10 unit. Jadi, kami berikan diskon untuk menarik konsumen," kata wiraniaga itu.

Jaguar

PT Grandauto Dinamika, agen pemegang merek Jaguar-Land Rover di Indonesia di ajang JAS meluncurkan Jaguar XE. Mobil ini hadir dengan dua varian, yakni Prestige dan R-Sport. Keduanya sama-sama dibekali mesin berkapasitas berkapasitas 2.000cc, dan suspensi khusus yang enak dipakai di berbagai medan.

Karena hanya ada di Jakarta Auto Show, harga yang ditawarkan rupanya tergolong istimewa, karena dijual dengan banderol sama dengan Jaguar XE edisi non limited edition.

"Kita tawarkan harga sama dengan yang bukan limited edition. Siapa cepat dia yang dapat," kata Direktur Operasional PT GAD, Bambang Tjahjono.

Memiliki status off the road, satu unit varian Prestige dibanderol Rp1,099 miliar dan Rp1,299 miliar, untuk varian R-Sport.

Diketahui, yang membedakan dari kedua varian itu, yakni tenaga yang dihasilkan. Varian Prestige disebutkan dapat memproduksi tenaga hingga 2.000 PS dengan torsi maksimum 280 Nm. Untuk menambah kesan ekslusif, Jaguar XE 2.0 Prestige dilengkapi dengan velg 18 inci templar Alloy Wheels.

Sedangkan untuk varian R-Sport, dapat memproduksi tenaga 240 PS dengan torsi maksimum 340 Nm. Mobil ini juga hadir dengan suspensi sport untuk mendukung performa, dengan struktur double wishbone dan integral link. Sementara itu, kaki-kaki Jaguar XE 2.0 R-Sport, dilengkapi dengan velg 19 inci Venom Alloy Wheels. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya