Waspada, Mobil Mungil 7 Penumpang Lebih 'Mematikan'

Tes tabrak mobil kecil tujuh penumpang
Sumber :
  • Autoevolution
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Siapa sangka, mobil kecil dengan kapasitas tiga baris atau tujuh penumpang rupanya menjadi salah satu kendaraan yang cukup berbahaya. Hal itu terungkap saat tes uji kecelakaan yang dilakukan di Jerman melalui ADAC atau Allgemeiner Deutscher Automobil-Club (ADAC).

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir Autoevolution, alasan mobil kecil tujuh penumpang berbahaya tak lain karena kursi baris ketiga di tempatkan di atas as roda, sehingga penumpang belakang akan duduk lebih tinggi.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu


Dari situlah, ADAC menemukan bahwa jika terjadi kecelakaan, potensi cedera lebih tinggi pada penumpang belakang karena kepala akan berbenturan langsung dengan atap kabin.


Dan dalam tes uji tabrak ini pula ditemukan bahwa jika kecelakaan dari belakang, sangat berbahaya karena kepala bisa langsung berbenturan dengan jendela belakang.


ADAC juga mencatat, tabrakan bisa lebih parah, jika kendaraan yang menabrak merupakan mobil dengan bodi bongsor seperti halnya SUV (Sport Utility Vehicle) atau sebuah truk atau bus, maka risiko jatuhnya korban lebih tinggi.


Dari penelitian tersebut juga disimpulkan, meski mobil kecil tujuh penumpang memang lebih murah, namun mobil dengan yang memiliki dua baris kursi penumpang lebih aman.


Tak hanya itu, dalam penelitian yang dilakukan ADAC juga memperingatkan kepada orang tua agar lebih bijak dalam memanfaatkan kursi belakang untuk anak-anak.


Pasalnya, kebanyakan orang tua berpikir bahwa karena anak kecil maka tidak perlu ruang kaki yang luas. Hal itu merupakan salah kaprah, karena bahaya bisa mengancam siapa saja, termasuk anak-anak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya