Honda Salip Penjualan Motor Sport Yamaha di Indonesia

Test ride Yamaha New V-Ixion
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Selama ini, Yamaha merupakan produsen motor yang dikenal kerap merajai segmen motor sport di Indonesia. Namun, semua berbalik saat ini, Honda rupanya berhasil mengambil tahta nomor satu penjualan motor sport selama Oktober 2015.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pabrikan sayap mengepak Honda berhasil menjual motor sport sebanyak 39.184 unit pada Oktober.

Honda Indonesia Racik Motor Baru 250cc Satu Silinder

Sementara itu, Yamaha, hanya berhasil menjual sebanyak 25.839 unit. Penjualan tersebut, menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang mampu terjual 39.742 unit. Sedangkan Honda pada September 2015, terjual 25.985 unit.

Menanggapi hal tersebut, Assistant General Manager (GM) Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur mengklaim, menurunnya angka penjualan motor sport mereka karena bagian dari strategi. Alasannya, pihaknya memang sengaja membatasi penjualan secara wholesales (pabrik ke diler).

“Kita sedang melakukan normalisasi pasar, supaya tidak terlalu banyak stok yang berada di diler. Hal ini, untuk menghindari di awal tahun nanti tidak ada lagi kode tahun 2015. Sehingga, kami saat ini sedang mencoba menghitung dan membatasi untuk distribusi ke diler,” ujarnya, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 12 November 2015.

Selan itu, Masykur mengakui, pihaknya telah menyiapkan beberapa strategi khusus untuk menghadapi persaingan di segmen sport.

“Kita pasti memiliki strategi khusus, tetapi tidak mungkin kita ungkapkan saat ini, nanti bukan strategi lagi. Kita tidak kaget juga dengan hal ini (disalip Honda), karena setahu kita ada faktor inden juga, seperti NMAX saja, setiap bulannya meningkat,” katanya.

Sebelumnya, Honda menyatakan berhasil mengungguli Yamaha dalam penjualan motor sport periode Oktober 2015 di Indonesia.

Orang Kaya Jakarta Kepincut Motor 'Alien' Honda

Dari data yang disampaikan Astra Honda Motor (AHM), di segmen sport, All New Honda CB150R StreetFire tercatat memberikan kontribusi penjualan sebanyak 27.050 unit, dibandingkan dengan September yang hanya 14.048 unit.

Selain itu, model sport lain merek Honda yang turut menyumbangkan kontribusi lainnya adalah Honda CBR series 6.270 unit dan Honda Verza 150 sebanyak 4.976 unit.

Menurut General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya, pencapaian ini dipicu tingginya penerimaan positif masyarakat terhadap model baru All New Honda CB150R StreetFire yang baru dirilis awal Agustus lalu.

“Kami berterima kasih pada konsumen yang telah memilih motor sport Honda, terutama pada pecinta All New Honda CB150R StreetFire. Kami mengembangkannya berdasarkan kebutuhan dan keinginan para pecinta motor sport di Indonesia,” kata Thomas Wijaya. (asp)

Siap Meluncur, Begini Wujud Lampu Depan Honda CBR250RR
Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016