Salip Jualan Motor Sport Yamaha, Honda: Perjuangan Panjang

V-Ixion dan CB150R.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Yamaha selama ini merupakan produsen motor yang dikenal kerap merajai segmen motor sport di Indonesia. Namun, semua berbalik saat ini, Honda rupanya berhasil menggeser dominasi Yamaha dalam hal penjualan motor sport selama Oktober 2015.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), pabrikan sayap mengepak Honda berhasil menjual motor sport sebanyak 39.184 unit pada Oktober, naik dari penjualan bulan sebelumnya yang hanya mampu menjual 25.985 unit. Sementara Yamaha, hanya berhasil menjual sebanyak 25.839 unit.

Penjualan tersebut menurun dibandingkan bulan sebelumnya yang mampu terjual 39.742 unit. Menurut Honda, capaian ini merupakan buah manis kerja keras mereka yang kian gencar terhadap segmen motor sport.

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

"Kami berhasil kuasai posisi pertama di segmen sport karena hasil dari upaya perjuangan panjang kami dalam menggarap motor sport, sehingga bisa demikian dan mendapatkan hasil yang memuaskan," kata Deputy Head of Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Ahmad Muhibbuddin kepada VIVA.co.id, Kamis 12 November 2015.

Ia menampik jika disebutkan Honda selama ini memang belum bisa menandingi keperkasaan Yamaha di segmen sport lantaran sejumlah faktor, seperti model dan kelengkapan line-up yang ditawarkan ke konsumen.

Tetapi mereka tak menyangkal bila Honda kian serius menggarap segmen sport lantaran salah satu kelas andalannya seperti bebek atau cub mulai ditinggalkan pasar, sehingga mulai melirik ke arah pasar yang kian berkembang.

"Ini bukan soal timing, tetapi ini soal selera pasar. Saat ini market memang cenderung ke segmen matik dan sport, makanya kita ikuti kemauan pasar. Tetapi bukan berarti saat ini kita fokus ke satu segmen, semua kita seriusi, cuma tentu ada skala prioritas," kata dia.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Selanjutnya>>> Kunci Honda geser motor sport Yamaha...



Honda mengungkap, bila salah satu faktor yang menunjang moncernya penjualan segmen sport Honda karena kekuatan brand yang dimiliki. Artinya, larisnya motor-motor di segmen lain seperti skutik juga ikut mengkatrol beberapa produk lainnya termasuk segmen sport. Terlebih soal purnajual, Honda mengklaim tidak 'ambrol' jika dijual kembali.

Diakui Honda, jika sebelumnya pasar sport kental digandrungi kalangan muda, tidak berlaku saat ini. Karena kalangan dewasa saat ini juga sudah melek selera sepeda motor dengan kapasitas mesin yang besar.

"Ada kecenderungan ke sana, dimana banyak pula masyarakat yang sudah bosan dengan segmen lain atau mesin dengan kapasitas kecil. Konsumen (motor sport) biasanya mereka yang mengincar powerfull saat berada di jalanan," kata dia.

"Kami sebenarnya tidak mementingkan siapa yang ada di posisi pertama, tetapi yang terpenting bagi kami upaya masing-masing produksi merebut hati konsumen dan kepuasan konsumen." (ren)

Motor 'Ayam Jago' Honda Hadir dengan Warna Baru
Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016