Jualan Motor Kawasaki Lebih Banyak, Ada Apa dengan Suzuki?

Suzuki Satria F150
Sumber :
  • Dok: Suzuki

VIVA.co.id - Penjualan sepeda motor nasional pada Oktober 2015 tercatat turun dibandingkan bulan lalu, meski tak sampai satu persen.

Saingi Honda, Suzuki Siapkan Motor 250cc Dua Silinder

Berdasarkan data yang disampaikan Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), penjualan pada September 2015 secara nasional tercatat 632.227 unit. Sementara itu, pada Oktober 2015, penjualan sepeda motor hanya 626.725 unit (turun 0,87 persen).

Posisi pertama untuk penjualan sepeda motor terbanyak, masih dipegang oleh Honda dengan penjualan 458.749 unit pada Oktober 2015. Yamaha masih tetap berada di posisi kedua dengan penjualan 146.627 unit pada bulan yang sama.

Sementara itu, Kawasaki kembali menyalip penjualan Suzuki pada Oktober 2015 dengan penjualan 10.755 unit. Suzuki yang kembali mengalami penurunan penjualan dan menyandang posisi keempat menorehkan penjualan 9.674 unit.

Hal yang paling menarik dari data AISI, yakni peringkat Kawasaki yang mampu menyalip Suzuki. Karena, kedua pabrikan ini memang tampak salip-salipan penjualan beberapa bulan terakhir.
 
Menanggapi hal tersebut, PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menyatakan bahwa pihaknya tidak mengalami kenaikan penjualan, sehingga apabila ada perubahan, kompetitor lah yang turun.

“Kawasaki enggak pernah bermaksud kejar-kejaran sama Suzuki. Kami tidak mengalami peningkatan (penjualan), sama saja, jadi mungkin mereka yang turun,” ungkap Deputy Department Head and Sales Promotion PT KMI, Michael Chandra Tanadhi, saat dihubungi VIVA.co.id, Senin 16 November 2015.

Michael juga menambahkan bila Kawasaki tidak pernah memberikan diskon untuk menaikkan penjualan pada Oktober. “Kami enggak ada program-program khusus, karena memang penjualan kami enggak meningkat. Penjualan kami biasanya berada di angka kisaran 10 ribu,” katanya.

Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016