Dimodifikasi, Tenaga Motor Ini Setara Moto 3

Modifikasi Yamaha R3.
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Sebagian besar pemilik motor Yamaha R3 merasa puas dengan performa yang dihasilkan motor tersebut, dan tidak berencana untuk melakukan modifikasi apapun.

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Namun hal itu tampaknya tak berlaku bagi Nicola Bragagnolo, seorang pria pemilik R3 yang tinggal di Eropa. Oleh Nicola, motor yang bentuknya sama persis dengan Yamaha R25 tersebut dimodifikasi, agar dapat menghasilkan tenaga yang lebiih besar.

Dilansir dari Motorbeam, Selasa, 17 November 2015, Nicola merasa cukup puas dengan tampilan dan pengendalian motor yang dijual dengan harga 4.799 Pound, atau sekitar Rp100,4 juta tersebut.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Namun sayangnya, mesin berkapasitas 321cc yang dapat menghasilkan tenaga 41 daya kuda bawaan R3 dianggap kurang mumpuni. Oleh Nicola, mesin ditambahkan perangkat turbocharger IHI RHB31, yang merupakan produk after market dan dapat dipasang pada semua motor berkapasitas 125-600cc.

Berkat tambahan tersebut, tenaga mesin melonjak menjadi 59 daya kuda. Uniknya, tenaga ini dapat tercapai pada putaran mesin yang lebih rendah.

Ingin Motor Anda Larinya Kencang dan Irit BBM? Ini Caranya

Biaya yang dihabiskan Nicola untuk membeli turbocharger adalah 9.900 Euro, atau sekitar Rp148 juta. Meski lebih mahal dari harga motor, namun ia puas, karena kini motornya memiliki tenaga setara dengan motor-motor yang berlaga di ajang balap Moto 3.

(mus)

Press conference acara Suryanation Motorland 2016.

Ribuan Komunitas Motor Bakal Meriahkan Kontes Modifikasi

Acara akan digelar di delapan kota besar.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016