Pasar Sedan di Indonesia Cenderung Stagnan

Toyota Camry
Sumber :
  • VIVA/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, penjualan whole sales (pabrik ke diler) mobil hingga Oktober tahun ini berada di angka 853.292 unit.

Belum Lama Meluncur, Penjualan Calya Sudah Salip Agya

Angka tersebut menurun, bila dibandingkan performa penjualan pada periode yang sama tahun lalu, yakni sebanyak 1.037.890 unit.

Posisi pertama untuk penjualan mobil terbanyak masih dipegang Toyota, yang berhasil mengukuhkan penjualan sebanyak 270.672 unit. Penjualan terbesar masih dipegang kendaran low multi purpose vehicle (MPV), yang mampu berkotribusi 113.288 unit.

Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan

Setelah MPV, pejualan terbesar disumbang mobil berjenis city car dan LCGC sebesar 49.616 unit. Lalu, bagaimana dengan penjualan sedan?

Marketing Director PT Toyota Astra Motor, Rahmat Samulo, mengatakan, penjualan sedan hingga Oktober kemarin masih stabil.

Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh

“Pasar sedan kecil, bila dilihat secara total market. Sedan itu masih ada, tetapi enggak terlalu banyak, stabil aja. Enggak ada peningkatan, cenderung stabil,” ungkapnya, saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis 19 November 2015.

Meski pasarnya kecil, namun Rahmat mengatakan, mobil sedan milik Toyota merupakan market leader di setiap segmennya.

“Secara umum, sedan Toyota hampir semuanya market leader di segmennya. Seperti Corolla dan Camry, yang rata-rata terjual 200 unit setiap bulannya. Penjualan tersebut mendominasi market share 50 sampai 60 persen,” jelasnya.

Sebagai informasi, saat ini, Toyota memiliki tiga model mobil sedan, yakni Toyota New Vios, Toyota New Altis dan Toyota New Camry. Untuk mobil jenis sedan pada Oktober 2015, Toyota berhasil menjual sebanyak 3.403 unit. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya