Bahaya Naik Motor Nyeker Saat Hujan, Jarang yang Tahu

Naik motor tanpa alas kaki.
Sumber :
  • Istimewa
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Melindungi kaki agar tidak basah biasa dilakukan pengendara sepeda motor saat berkendara dalam kondisi hujan. Tidak sedikit
biker
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
kemudian memilih untuk menyimpan alas kaki di bawah jok.  Alasannya sederhana, agar sepatu atau sendal tidak rusak akibat air hujan.
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Namun, berkendara tanpa alas kaki ternyata berbahaya bagi pengendara motor. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh
Training Director
The Real Driving Centre (RDC), Marcell Kurniawan.


"Pertama, pengendara perlu memiliki grip yang baik saat menjejakan kaki di jalan, agar dapat menahan beban kendaraan. Saat tak pakai alas kaki, maka telapak akan mendapat tugas berat apalagi kondisi jalanan basah," ungkapnya, Selasa 24 November 2015.


Selain itu, berkendara tanpa alas kaki alias 'nyeker' juga membuat kaki pengendara berpotensi terkena benda tajam serta terinjak ban kendaraan lain, yang mengakibatkan cedera ataupun luka bagi kaki pengendara.


"Kalau
enggak
pakai alas kaki, potensi selip saat injak rem cukup besar. Bisa-bisa gagal melakukan pengereman hanya karena kaki tidak menapak dengan baik pada pedal rem," kata Marcell.


Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah sengatan listrik karena kondisi kulit kaki yang basah karena terkena air. Meski kemungkinannya kecil, kondisi kulit kaki yang basah karena terkena air dapat menjadi pengantar arus listrik.


"Kaki basah itu bisa bikin kesetrum. Kecil
sih
, tapi tidak menutup kemungkinan. Jadi sebaiknya tetap dipakai alas kaki. Lebih baik sediakan sepatu boots antiair," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya