Suzuki Satria F150 Karburator Setop Produksi?

Satria FU facelift
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Kabar hangat datang dari pabrikan motor Suzuki di Indonesia. Informasi menyebutkan jika perusahaan asal Jepang itu akan menyetop produksi Satria FU 150 karburator akhir bulan ini.

Dilansir situs Laskar Suzuki, Rabu 25 November 2015, penyetopan produksi motor underbone tersebut lantaran Suzuki tengah mempersiapkan pengganti Satria FU 150 dengan versi Fuel Injection (FI). Nantinya, mesin disebutkan akan benar-benar baru yang lebih powerful.

Diketahui, mesin Suzuki Satria FU 150 karburator memasuki masa pensiun, karena telah "mengabdi" lebih dari satu dekade lamanya. Apalagi, jika dihitung sejak awal pengembangannya, dari mesin Suzuki FX125 yang mempunyai bodi bebek, berubah menjadi Suzuki Raider 125 dengan model "ayam jago" dan berubah lagi menjadi Satria FU 150 karburator.

Namun, hingga kini belum diketahui kapan motor "ayam jago" terbaru yang menyandang FI ini akan melakoni debutnya di Indonesia. Beberapa waktu lalu, Suzuki memang telah menggandeng pembalap MotoGP mereka untuk proses syuting iklan Satria terbaru, Aleix Espargaro.

Sebelumnya, General Manager Marketing 2 Wheel Suzuki Indomobil Sales, Yohan Yahya juga menyatakan jika pihaknya akan meluncurkan edisi terbaru dari Satria.

“Yang pasti, kita tunggu saja tanggal mainnya. Saat ini, saya masih belum bisa mengungkapkan banyak mengenai hal itu, pokoknya ditunggu saja,” katanya beberapa waktu lalu kepada VIVA.co.id.

Suzuki Siapkan Motor Baru 'Kembaran' Satria Injeksi

Rencana kelahiran Satria terbaru memang semakin gamblang. Sebab, SIS divisi roda dua diketahui baru saja mendaftarkan Satria Injeksi ke TPT Kemenperin beberapa hari lalu.

Bodi Satria terbaru lebih lebar

Meski belum diketahui lakon debut dari Satria versi injeksi, sejumlah bocoran seputar wujudnya sudah berserakan di jagat maya. Dari sumber yang dihimpun redaksi, motor ini akan memiliki sejumlah ubahan nyata di beberapa bagian.

Bagian pertama terlihat pada lampu depan alias headlamp. Blogger Bikerz Holic merinci sketsa headlamp terbaru Satria Injeksi dengan sedikit perubahan. Bagian lainnya ada pada sektor kaki-kaki yang sepertinya akan lebih gagah.

Rem hidrolik Satria injeksi juga menarik. Terdapat penjejalan merek Brembo dua piston. Sementara itu, rem cakram belakangnya terlihat jelas tulisan merek Tokico satu piston.

Velg dan shockbreaker depan Satria Injeksi juga tampak terlihat lebih gagah dari Satria FU 150. Jika dilihat dari gambar bocoran, ukurannya bertambah beberapa milimeter. Langkah ini dilakukan lantaran bodi Satria Injeksi dikabarkan lebih melar.

Bodi melar juga menjalar ke bagian buritan. Bocoran bahkan telah disampaikan ke jagat maya. Bokong Satria Injeksi terlihat "bahenol" mirip dengan Suzuki GSR-750. Jika dilihat dari samping dengan gambar jelas, lekukan bokong dari Satria injeksi mirip dengan Satria Hiu.

Untuk spakbor belakang, disebutkan bila telah menggunakan sistem knock down alias mudah untuk dibongkar pasang, dan tidak menyatu lagi dengan fender. Soal dapur pacu, informasi lain yang dibocorkan Laskar Suzuki, yakni tenaga yang dimiliki Satria terbaru meningkat sekira 20 persen dari sebelumnya. (art)

Suzuki Satria FU150 Injeksi. Ilustrasi.

Satria F150 Injeksi Tampil Unik, Apakah Itu?

Suzuki baru saja meluncurkan All New Satria F150.

img_title
VIVA.co.id
17 Februari 2016