Tips Biar Warna Asli Mobil Tetap Kinclong

Laminating mobil.
Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id – Para pemilik mobil tentu ingin warna cat tetap kinclong dan awet seperti baru. Cara yang masih belum banyak dilakukan adalah melakukan laminating.

Game Ini 'Ajarkan' Pemilik Kafe Sejumlah Trik

Ya, laminating mobil adalah proteksi cat kendaraan dengan menggunakan teknologi nano ceramic paint protecion. Dengan teknologi tersebut, cat mobil tentunya akan terlindungi.

Menurut Jac, salah seorang pemilik salon mobil yang menawarkan jasa tersebut, laminating berbeda dengan poles lainnya. Ia justru menyatakan poles dapat memiliki efek buruk terhadap cat kendaraan, karena dapat membuat tipis atau botak, apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang.

IMX 2024 Surabaya Akan Menghadirkan Enam mobil JDM Terbaik Dengan Konsep Pop Up Little Tokyo !

“Konsep laminating adalah melapisi cat mobil sehingga berfungsi menjaga cat asli mobil,” katanya seperti dilansir situs resmi Toyota, Jumat 27 November 2015.

Dijelaskan, laminating tersebut didesain dengan menggunakan teknologi smart polyurethane yang di desain khusus. Efeknya lebih smart recovery. Teknologi nano ini memiliki ukuran sangat kecil dan akan mengkristal, sehingga dapat menutupi pori-pori cat dan melindungi cat asli mobil.

Pentingnya Perkakas untuk Para Penghobi Otomotif

“Seperti kertas baru, kemudian di-laminating. Warna dan kondisi kertas akan tetap terlihat seperti baru selama lapisan pelindung tidak dirusak,” kata dia.

Tak hanya itu, efek yang ditimbulkan dari nano tersebut adalah glossy atau efek kaca dan efek daun talas.

Selanjutnya>>> Harga laminating mobil...

Harga laminating

Jac mengatakan, untuk memberikan pelayanan maksimal kepada konsumen, pengerjaan mobil tidak hanya dapat dilakukan di outlet namun bisa juga dipanggil ke rumah (home service). 

Untuk proses pengerjaan, laminating bisa dilakukan selama delapan jam. Namun kalau kondisi mobil bagus bisa dilakukan selama enam jam. Untuk harga, rata-rata salon mobil mematok Rp2,25 juta untuk mobil ukuran kecil.

Mobil sedang bisa mencapai Rp2,75 juta, sedangkan mobil ukuran besar dihargai Rp3,5 juta, dan supercar mencapai Rp5 juta dengan garansi dua tahun.

Setelah diproses laminating, ketentuannya, dua hari setelah pengerjaan tidak boleh mencuci mobil dengan sabun atau sampo. Selain itu, perawatan juga harus dilakukan, seperti mengeringkan mobil ketika terkena hujan dan lakukan pengecekan enam bulan sekali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya