5 Tips Beli Motor di Lapak Online, Biar Tak Kena Tipu

Penjualan Motor Tahun 2014 Diprediksi 7,8 Juta Unit
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Tren membeli motor di media online tengah marak dilakukan masyarakat. Alasannya, memudahkan bagi konsumen yang memiliki tingkat kesibukan tinggi, atau jarak penjual dengan pembeli yang sulit dijangkau.

Tak cuma motor dengan status bekas, motor terbaru pun banyak pula yang dijual di lapak-lapak online ternama. Meski memudahkan calon konsumen, namun juga berpotensi merugikan konsumen jika mereka tidak cermat dalam memilih website.

Berikut lima tips aman membeli motor tanpa Anda harus bertatap muka dengan penjual seperti dilansir situs resmi diler Honda Cengkareng:

1. Ketahui situs terpercaya

Hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli motor secara online adalah memastikan apakah website tersebut merupakan situs yang aman dan terpercaya. Anda bisa mencari informasi terkait situs tersebut, ataupun bertanya kepada teman dan keluarga yang sudah pernah membeli melalui situs tersebut.

Jangan lupa pula untuk membaca kebijakan-kebijakan transaksi, mulai dari persyaratan, garansi motor, hingga kebijakan tentang pengembalian produk jika barang diterima dalam keadaan cacat. Pastikan tidak ada kebijakan yang merugikan Anda sebagai pembeli. Sebaiknya, urungkan niat Anda untuk membeli motor secara online apabila kebijakan tidak jelas.

2. Kredibilitas dan reputasi penjual

Saat berkunjung ke sebuah situs jual motor, jangan terburu-buru untuk melakukan transaksi di situs tersebut. Lihatlah kredibilitas penjual dari situs tersebut terlebih dahulu.

Anda dapat menilai kredibilitas penjual dengan melihat testimoni atau review yang diberikan oleh pembeli-pembeli lain yang sebelumnya sudah pernah membeli dari situs yang bersangkutan. Ada beberapa situs independen terpercaya yang memberikan ulasan mengenai testimoni atau review dari pelanggan situs penjual itu sendiri seperti trusted company.

3. Lihat harga secara terperinci

Harga murah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Tentunya wajar saja bila suatu penjual motor online memberikan harga yang lebih murah dari penjual motor online lainnya.

Namun saat harga yang diberikan tidak masuk akal dan tidak jelas rinciannya, sebaiknya Anda mengurungkan niat untuk membeli motor tersebut, karena mungkin saja penjual tersebut ingin melakukan penipuan.

Untuk memastikan harga motor yang ingin Anda beli, Anda bisa mencari tahu kisaran harga motor tersebut dari harga on the road-nya, berapa diskon yang diberikan, sampai biaya tambahan di luar penjualan motor. Sehingga, Anda tidak akan mudah tertipu dengan penjual yang menjual motor tersebut dengan harga miring sekali.

4. Membaca dengan cermat deskripsi produk

Sebelum memutuskan untuk membeli satu motor, pastikan Anda membaca informasi atau deskripsi terkait motor tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai motor tersebut tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Jika ada yang kurang jelas, Anda bisa menghubungi atau mengirimkan pesan ke penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detil tentang produk yang ingin Anda beli.

5. Metode pembayaran yang ditawarkan

Saat melakukan pembelian motor secara online melalui situs, perhatikan kedua hal ini terkait dengan metode pembayaran yang ditawarkan:

- Hindari mentransfer dana ke nomor rekening pribadi. Pilihlah situs yang memiliki rekening atas nama badan usaha seperti PT atau CV, yang keamanannya sudah pasti terjamin.
   
- Lihat apakah penjual memberikan opsi pembayaran Cash on Delivery (COD). Anda akan lebih terjamin apabila seluruh transaksi pembayarannya bisa dilakukan pada saat serah terima barang.

Honda CBR250RR diproduksi di pabrik AHM Karawang.

RI Jadi Basis Produksi Honda CBR250RR, Kok Bisa?

Motor diproduksi di pabrik AHM Karawang.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016