Begini Cara Oper Kredit Motor

Ilustrasi kredit motor.
Sumber :
  • Duitpintar.com

VIVA.co.id - Membeli kendaraan bekas menjadi salah satu alternatif yang dipilih masyarakat. Harga miring menjadi solusi, terlebih banyak perusahaan pembiayaan yang memberikan cara pembelian melalui kredit.

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

Tentu saja, pembelian secara kredit disebut dapat meringankan pengeluaran konsumen. Hal itu juga dikatakan oleh perusahaan pembiayaan Federal International Finance (FIF) Group.

Namun, bagaimana jika melakukan pembelian dengan cara oper kredit?

Kemana Larinya Motor Kredit yang Ditarik Leasing?

Menurut Corporate Communication Federal International Finance (FIF) Group, Arif Reza Fahlevi, untuk melakukan oper kredit, FIFGroup juga memiliki program tersebut.

Reza menyatakan, meski memilih oper kredit, penjual dan pembeli harus mengikuti aturan yang berlaku, termasuk melengkapi sejumlah persyaratan.

DP Nol Persen, Kredit Kendaraan Bakal Lebih Susah

Selain itu, dia melanjutkan, kendaraan yang akan dioper kredit harus dilakukan pengecekan surat-surat, serta kelengkapan kendaraan seperti dari spion hingga kondisi mesin.

“Misalkan, transaksi unit, dengan asumsi si pemilik menjual sepeda motor Rp10 juta kepada si pembeli, dan disetujui. Namun, setelah itu kami lihat, uang mukanya berapa? Nilai Rp10 juta itu sesuai standar kita atau tidak,” ujar Reza kepada VIVA.co.id, Senin 30 November 2015.

Reza menjelaskan, pada dasarnya, proses oper kredit sama dengan pembelian baru. Perbedaannya hanya kondisi mobil, di mana mobil oper kredit tentunya berstatus bekas pakai.

“Kalau itu sesuai dengan harga kami dan setuju Rp10 juta, isi aplikasi, disurvei, dan barulah bisa kasih customer berapa harga uang muka. Dan si pemilik unit itu akan mendapatkan jumlah tagihan yang harus dibayar dari situ,” tuturnya.

Kendati membiayai produk-produk motor bekas, Reza menjamin bahwa kendaraan akan melalui proses seleksi, sehingga kualitas akan terjamin dan laik jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya