Ini Bahaya Gunakan Oli Bekas pada Rantai Motor

Ilustrasi sepeda motor.
Sumber :
  • Foto: VIVAnews/Dian Wijanarko.

VIVA.co.id - Usia rantai sepeda motor, biasanya akan lebih pendek apabila sering terkena air, debu serta minimnya perawatan. Air disebutkan dapat membuat rantai mengalami korosi dan debu dapat menyebabkan rantai cepat kendur.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Perawatan paling mudah untuk mencegah hal tersebut terjadi adalah melumasi rantai motor dengan pelumas rantai yang kini telah banyak tersedia di pasaran.

Namun, rupanya banyak pengendara atau bengkel yang lebih memilih menggunakan oli mesin bekas untuk melumasi rantai. Padahal itu justru akan membuat usia pakai rantai menjadi semakin pendek bahkan tak jarang memicu kecelakaan.

Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu

"Penggunaan oli bekas itu tidak disarankan, karena dapat membuat rantai motor lebih cepat kendur dan melar. Sehingga lebih baik rantai motor itu menggunakan pelumas rantai dan hindari penggunaan oli bekas,” ujar Service Advisor R Series, Adit kepada VIVA.co.id, Selasa, 1 Desember 2015.

Selain itu, Adit juga menyebutkan bila penggunaan oli bekas dapat membuat komponen rantai cepat rusak. Sehingga, akan lebih baik bila pemilik kendaraan menghindari penggunaan oli bekas.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

“Penggunaan oli bekas itu dapat merusak komponen-komponen yang ada dirantai, seperti O-ring. Sehingga rantai motor itu harus menggunakan pelumas tersendiri, seperti Chain Lube."

(mus)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016