Wejangan Pembalap Senior kepada Pemula

Pembalap senior Indonesia, Jimmy Lukita.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Menjadi seorang pembalap menjadi salah satu jawaban favorit anak-anak, saat mereka ditanya mengenai keinginan mereka ketika sudah menjadi dewasa.

McLaren Terpuruk, CEO Tetap Anggap Punya Tim Terbaik

Namun sayangnya, karena berbagai kendala, cita-cita tersebut hanya menjadi angan semata. Tidak sedikit dari mereka masih menyimpan impian untuk bisa merasakan panasnya aspal sirkuit.

Mahalnya biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa mengikuti balap mobil, menjadi salah satu faktor penghambat cita-cita mereka. Menurut seorang pembalap senior Indonesia, Jimmy Lukita, untuk mengikuti satu kali ajang balap, harus mengeluarkan sekitar Rp10 juta.

Kayuh Sepeda Ini, Anda Serasa Ikut Balapan Mobil

"Itu sudah semuanya. Untuk daftar balap tidak terlalu mahal, cuma Rp1-1,5 juta,” ujar Jimmy.

Biaya tersebut, diungkapkan Jimmy, belum termasuk perawatan mobil, latihan untuk mengikuti ajang balap serta tim mekanik di luar ajang balap.

Ingin Ikut Balap Mobil? Ini Kisaran Biayanya

Karena itu, ia menyarakan kepada pembalap pemula untuk dapat fokus dan mengerti semua hal yang berhubungan dengan ajang balap, sehingga dana yang dikeluarkan tidak sia-sia.

“Paling penting untuk seorang pembalap itu adalah fokus. Dia harus tahu tekanan ban dan pengaturan mesin secara detil. Pembalap sejati itu harus tahu, bensinnya berapa liter, sehingga berat mobilnya jadi berapa. Jadi, pesan saya, tidak cuma mengemudi, tapi harus tahu semuanya, sehingga pembalap dapat menjiwai balapan,” jelas Jimmy. (ren)

Ajang balap Lamborghini Blancpain Super Trofeo.

Pertamina Rilis Pertamax Turbo, BBM Mobil Balap RON 98

Produk ini rencananya juga akan hadir di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016