Mobil-mobil yang Siap Meluncur di Indonesia Tahun Depan

Sumber :
  • Paultan

VIVA.co.id - Menurunnya daya beli masyarakat tak membuat surut para Agen Pemegang Merek (APM) untuk menghadirkan produk terbaru di Tanah Air. Bahkan, sejumlah APM mengaku sudah mempersiakan beberapa mobil yang bakal diluncurkan 2016 mendatang.

Jika melihat tren mobil tahun depan, banyak pihak memprediksi, kekuatan peta masih tak jauh berbeda dengan 2015. Dimana, segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) alias mobil keluarga masih bakal kuat mendominasi.

Toyota Yaris Heykers Dirancang oleh Anak Bangsa

Kendati demikian, ada sejumlah peningkatan penjualan pada beberapa segmen mobil, seperti Sport Utility Vehicle (SUV) dan Low Cost and Green Car (LCGC) yang terus melesat naik.

Lantas, mobil apa saja yang bakal meluncur di 2016? Berikut daftarnya seperti dirangkum VIVA.co.id:

1. All New Toyota Fortuner

Body kit All New Toyota Fortuner.

Mobil bongsor asal Toyota ini dikabarkan bakal meluncur pada Januari 2016 mendatang di Indonesia. Generasi baru ini diberi nama All New Toyota Fortuner. Sebelumnya, lakon debut perdana mobil ini sudah lebih dulu dimulai di Thailand pada Juli 2015 yang lalu.

Generasi baru SUV Toyota ini mengusung mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755cc dengan tenaga maksimal 174 Hp pada 3.000 rpm, serta torsi mencapai 450 Nm pada 1.600-2.400 rpm. Sementara pada tipe manual, menghasilkan torsi lebih rendah, yaitu 420 Nm pada kisaran putaran mesin 1.400-2.600 rpm yang disalurkan oleh transmisi enam percepatan.

2. Mitsubishi All New Pajero Sport

Uji Keamanan Yaris Heykers Sesuai Standar Jepang

Mitsubishi Pajero Sport 2015.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Mitsubishi di Indonesia sudah memberi sinyal kelahiran All New Pajero Sport akan meluncur di kuartal pertama 2016. Namun, ada pula sebagian pihak yang menyatakan jika SUV menengah ini baru akan diluncurkan April 2016.

Sesuai dengan namanya, All New Pajero Sport akan mengalami banyak perubahan baik dari interior maupun eksterior.

Sama seperti Fortuner, All New Pajero Sport ini sudah diluncurkan lebih dulu di Thailand dan Indonesia akan menjadi negara kedua yang meluncurkan Pajero Sport generasi terbaru di dunia. Pada tahap awal, unit jual All-New Pajero di pasar dalam negeri masih diimpor dari basis produksi satu-satunya, Thailand.

Mitsubishi Pajero Sport ini dibekali mesin 2,4 liter MIVEC turbodiesel dipadu dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Mesin ini bisa mengeluarkan daya 154 PS dengan torsi 380 Nm, dan tersedia pula pilihan mesin bertenaga 181 PS dengan torsi 430 Nm.

3. Renault Lodgy

Renault Lodgy

Pasar MPV yang masih seksi membuat PT Auto Euro Indonesia, APM Renault di Indonesia melihat peluang ini dengan menampilkan MPV tujuh kursi pertamanya, yaitu Lodgy di ajang GIIAS 2015 lalu.

Renault Lodgy yang termasuk segmen MPV sengaja dipamerkan sebagai bahan studi Renault untuk pasar Indonesia. Mobil ini diketahui telah meluncur di India pertengahan tahun 2015.

Dikabarkan, mobil ini juga akan segera meluncur di Indonesia tahun depan. Renault Lodgy bukanlah produk untuk niche market melainkan model baru yang diproduksi massal. Mobil ini akan dijual dengan harga yang kompetitif sesuai dengan fitur dan teknologi Renault.

Mobil ini menawarkan powertrain lengkap, mulai dari diesel dan bensin. Serta dilengkapi dengan transmisi AT (otomatis) dan MT (manual). Mobil ini nantinya akan bersaing dengan mobil MPV lainnya seperti Innova, Ertiga, Avanza, dan Livina.

Mobil Crossover Baru Suzuki Terpajang Rapi di GIIAS 2016

Selanjutnya...



4. Suzuki Ertiga Dreza

Suzuki Ertiga Dreza.

Sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki, SIS berencana akan meluncurkan new Suzuki Ertiga Dreza awal 2016. Di mana wujudnya sudah banyak beredar di dunia maya berupa gambar brosur dan sebagainya.

Mobil ini merupakan varian baru Ertiga yang mengalami perubahan desain eksterior cukup signifikan. Tampilan baru yang cukup mencolok terlihat pada bagian fascia depan yang mempunyai tambahan list krom metalik di bawah grill depan. Serta new LED, new grill radiator lower, new desain fog lamp bezel serta desain roda juga baru.

New Suzuki Ertiga Dreza rencananya sebagai varian paling tinggi Ertiga. Nantinya akan ada dua pilihan varian baru Ertiga dengan nama new Suzuki Ertiga Dreza GS Luxury dan Elegant, melengkapi varian yang sudah ada yakni GA, GL dan GX.

Varian baru keluarga Ertiga akan hadir dengan dimensi yang lebih panjang dari generasi Ertiga yang ada saat ini. Meskipun mengalami penambahan dimensi, mesin yang ditawarkan sama seperti generasi sebelumnya.

5. Datsun Go-Cross

Mobil konsep Datsun GO Cross

Selain SUV, mobil murah ramah lingkungan atau LCGC diprediksi akan semakin laris di 2016. Hal ini pun dimanfaatkan Datsun Indonesia dengan menyiapkan produk terbaru.

Bahkan, kehadiran Datsun GO-Cross Concept yang memiliki desain crossover disinyalir juga akan menjadi produk terbaru Datsun untuk dipasarkan di Indonesia. Artinya, mobil ini akan menjadi produk ketiga Datsun di Indonesia.

Jika bicara model, wujudnya mirip dengan mobil-mobil Datsun yang sudah meluncur di Indonesia sebelumnya. Namun, karena masuk ke genre crossover, cocok dengan kondisi jalanan di Indonesia dan tren yang sedang 'mewabah' di kalangan pecinta mobil.

6. Suzuki APV terbaru

Suzuki APV.

Tak cuma Ertiga Dreza, Suzuki juga telah mendaftarkan sebuah kendaraan baru di Kementerian Perindustrian. Kendaraan baru tersebut memiliki kode Suzuki GC 415 V (GX) (4×2) M/T.

Setelah ditelaah lebih jauh, kode tersebut mengacu pada sebuah MPV berdesain kotak yang sudah cukup lama dipasarkan di Indonesia, yakni APV. Menariknya, hal ini dibenarkan oleh pihak Suzuki.

APV terbaru tidak mendapatkan perubahan apapun, baik bagian eksterior maupun interiornya. Dengan kata lain, Suzuki APV tersebut masih sama persis dengan model yang dipasarkan saat ini.

Perbedaannya, Suzuki APV terbaru akan dilengkapi dengan tambahan fitur penunjang keselamatan berupa dua airbag atau kantong udara. Soal harga, akan lebih mahal tidak akan lebih Rp10 jutaan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya