Tips Merawat Mobil di Akhir Pekan Kurang dari 15 Menit

Ilustrasi memeriksa kondisi oli mobil.
Sumber :
  • YouTube

VIVA.co.id - Bagi sebagian orang, akhir pekan adalah waktu untuk bersantai dan bermalas-malasan. Akhir pekan biasanya digunakan untuk pergi bersama keluarga, atau teman ke tempat-tempat menarik.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Beberapa pemilik kendaraan biasanya malas memeriksa dan merawat kondisi mobil, dan memilih untuk langsung mengendarainya.

Padahal, memeriksa kondisi mobil penting untuk dilakukan, terutama jika hendak bepergian ke luar kota.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir dari Astraworld, ada cara mudah yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk memeriksa dan merawat mobil mereka. Cara ini tidak membutuhkan waktu lama, hanya 15 menit saja.

Sebelum memulai, persiapkan dulu beberapa hal, yaitu ember berisi air (atau selang air), kunci perkakas, oli mesin, sekring, oli rem, oli power steering, dan pengukur tekanan ban.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Setelah semua tersedia, pemeriksaan dimulai dengan melihat kondisi ban. Bersihkan kerikil yang menempel dan cek tekanan anginnya.

Kemudian, buka kap mesin, periksa kondisi oli, tambahkan bila perlu. Setelah itu, periksa air radiator dan air penghapus kaca. Isi air bila jumlahnya kurang dari yang ditentukan.

Lanjutkan memeriksa kondisi oli rem dan oli power steering. Sebelum menutup kap mesin, periksa kondisi kabel aki, kencangkan dengan kunci perkakas.

Setelah mesin aman, selanjutnya masuk ke dalam kabin dan nyalakan mesin. Sembari memanaskan mesin, periksa sistem kelistrikan, seperti lampu depan, lampu belok dan lampu rem.

Jika semua sudah dilakukan, Anda bisa masuk ke dalam rumah, mandi dan bersiap untuk berangkat. Apabila tekanan angin ban saat diperiksa kurang, Anda bisa mampir ke tempat pengisian angin yang ada di SPBU.

Jika kondisi mobil kotor, bisa memilih tempat cuci yang menggunakan mesin. Meski hasilnya tidak sebersih cuci manual, namun waktu yang dibutuhkan relatif lebih singkat. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya