Ini Motor Sport Pendatang Baru di RI, Siapa Patut Waswas

Sumber :
  • VIVA.co.id/Rendra Saputra
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Sudah bukan rahasia lagi, jika pabrikan asal Jepang kuat menggenggam pasar otomotif di Indonesia, termasuk untuk urusan roda dua. Tak heran jika kemudian banyak pabrikan non Jepang yang bertumbangan lantaran tergerus dominasi mereka.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Tetapi setidaknya, ada sejumlah pabrikan di luar Jepang yang masih eksis di kancah otomotif roda dua Indonesia hingga kini, di antaranya TVS Motors. Seakan penasaran dengan pasar roda dua di Indonesia, TVS kembali mencoba peruntungannya dengan menghadirkan produk-produk anyarnya. Seperti yang dilakukan hari ini, di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.
Ini Harga Bumper Tanduk pada Mobil, Mulai Rp350 Ribu


TVS menghadirkan Apache RTR 200 4V. Motor bergenre sport itu hadir dengan banderol Rp23,9 juta
on the road
Jabodetabek.


Menurut Rizal Tanjung, Head of Marketing TVS Motors Indonesia, pihaknya sadar betul dengan produk yang diluncurkannya kali ini. Kata Rizal, sejauh ini segmen sport memang cukup menjanjikan, lantaran segmen skuter matik (skutik) sudah sesak didominasi Jepang.


"Pasar sport ini menarik lho, karena pasarnya sangat terbuka luas. Kalau skutik kan susah, karena produk Jepang dominasi. Maka itu kami hadirkan motor sport terbaru," kata Rizal, di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 20 Januari 2016.


Sejauh ini, TVS memiliki skutik yang masih dijualnya, yakni Dash. Namun penjualannya kurang menggembirakan. Melihat angka penjualan Dash, yang dipaparkan Rizal, memang demikian. Pihaknya dikatakan hanya mampu menjual skutiknya 300 unit sepanjang 2015.


"Maka itu kami percaya pada produk sport, sebab tren di Indonesia itu lebih ke cc (kapasitas mesin) lebih besar dan juga power. Makanya kami coba tawarkan produk yang diinginkan masyarakat, terlebih hadir dengan tampilan yang
stylish
," kata Rizal.


Tahun ini, TVS dikatakannya bakal menghadirkan setidaknya dua atau tiga model baru. Satu model yang dikonfirmasi adalah motor sport dengan penjejalan mesin berkapasitas 310cc. "Kami sudah siapkan, tunggu tanggal mainnya," kata dia.


Terkait siapa sebenarnya lawan tangguh TVS Apache RTR 200, Rizal mengungkapkan jika produsen motor yang membuat motor 150cc patut waspada. Sebab, motor ini diklaim bakal menjadi pilihan menarik konsumen yang menginginkan performa lebih. Pasar 250cc sendiri diakuinya bukanlah target bidikan pasar yang siap direngkuh dari Apache terbaru.


"Yang akan terganggu pasar 150cc. Masyarakat komuter kan banyak memilih kelas itu. Nah, untuk yang ingin performa lebih bisa pilih ini. Bisa diajak
touring
, dan kencang di jalanan," kata Rizal.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya