Ketahui Bahaya Pasang Relay pada Lampu Mobil

Ilustrasi lampu mobil.
Sumber :
  • Caradvice

VIVA.co.id - Bagi sebagian orang, cahaya yang dihasilkan lampu besar (headlamp) mobil bawaan pabrik dirasakan masih kurang memuaskan.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Dilansir dari Astraworld, Senin, 1 Februari 2016, untuk membuat cahayanya lebih terang, biasanya pemilik mobil menambahkan relay pada rangkaian headlamp, memperbesar ukuran kabel dan menaikan daya lampu.

Namun, di balik penambahan tersebut, terdapat risiko yang harus dicermati. Sewaktu-waktu kabel rangkaian headlamp dapat terbakar akibat panas yang berlebihan pada kabel, relay atau soket lampu. Panas ini berasal dari arus yang besar yang diperlukan untuk menghidupkan headlamp dengan daya yang besar.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Untuk itu, guna penambahan rangkaian, perlu dibekali dengan komponen-komponen yang berkualitas, terutama pada kabel, relay, soket dan bohlam lampu.

Pemasangannya pun harus benar-benar rapi, kencang dan terbungkus dengan pengaman yang baik. Karena, posisi headlamp cukup rawan terkena percikan air hujan.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Penambahan rangkaian ini juga perlu mendapatkan perawatan rutin. Lakukan pengecekan rutin minimum tiga bulan sekali, untuk mengantisipasi terjadinya korsleting.

Segera lakukan pergantian atau perbaikan, apabila ditemukan kabel yang terkelupas, sambungan yang kendor atau bahkan meleleh. Tujuannya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terbakar atau meleleh.

Panas yang berlebihan pada kabel rangkaian headlamp juga mengindikasikan bahwa rangkaian tersebut tidak cukup kuat untuk dilalui arus listrik yang besar. Untuk mengantisipasinya, ganti rangkaian kabel dengan yang baru dan lebih berkualitas.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya