Menperin Desak Industri Otomotif Jepang Tanam Modal di RI

Saleh Husin
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
- Menteri Perindustrian, Saleh Husin, menyambut kedatangan Gubernur Perfektur Fukuoka, Hiroshi Ogawa, pada Senin 1 Februari 2016. Dalam kesempatan itu, Saleh mendorong agar industri komponen otomotif Jepang, termasuk industri komponen otomotif di Fukuoka, menanamkan modalnya di Indonesia.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

"Kami mendorong industri komponen (untuk berinvestasi) dalam rangka mendukung apa yang diinvestasikan di Indonesia," katanya di Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin 1 Februari 2016.
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun


Saleh mengatakan bahwa investasi industri komponen otomotif di Indonesia, bisa memperkuat industri komponen otomotif lokal, terutama industri komponen lokal yang berteknologi rendah
(low technology)
. Tak hanya itu, investasinya juga bisa menyerap tenaga kerja di dalam negeri.


"Industri komponen di Fukuoka bisa didorong, kerja sama dengan industri komponen lokal. Kalau yang industri
high technology
, industri lokal kita susah. Kalau yang
low technology
, industri lokal kita bisa berpartner," kata dia.


Saleh juga mengatakan bahwa industri komponen otomotif luar negeri, bisa memperbanyak keberadaan industri komponen di Indonesia. Dikatakan bahwa industri komponen lokal di Indonesia kalah jauh dengan di Thailand.


"Industri komponen otomotif di Indonesia kurang. Di Thailand ada 2.000-3.500 industri, sedangkan di Indonesia 700-800 industri," kata dia. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya