Penyebab Alarm Mobil Sering Bunyi Sendiri

Sumber :
  • Toyota

VIVA.co.id - Sebagian dari Anda pasti pernah mengalami gangguan saat parkir mobil, yakni alarm kendaraan sering berbunyi sendiri meski tidak ada pemicu di sekitar kendaraan. Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan alarm kendaraan berbunyi sendiri, namun penyebab yang paling utama adalah karena sensitivitas getar.

Penyebab lain yang patut dicurigai adalah karena sensor pintu atau saklar lampu pintu yang tidak berfungsi maksimal. Bisa juga karena pintu mobil Anda dibuka secara paksa tanpa menggunakan remote control yang tentunya langsung memicu alarm tersebut.

Dilansir situs resmi Toyota, sensor getar alarm yang terpasang di dalam mobil Anda berfungsi untuk mengaktifkan alarm ketika terdeteksi getaran di sekitar mobil. Tidak peduli dari mana getaran tersebut berasal, entah dari jarak dekat maupun dari jarak puluhan meter.

Misalnya saja ketika ada mobil yang melaju kencang melewati mobil Anda yang terparkir, sensor getar akan secara otomatis mendeteksi getaran tersebut dan mengaktifkan alarm. Hal ini pun sebenarnya bisa dipengaruhi oleh pengaturan kepekaan sensor getar yang menangkap getaran atau frekuensi rendah.

Pada modul remote yang telah dilengkapi dengan sensor getar, biasanya dilengkapi dengan bagian untuk mengatur kepekaan dari sensor getar itu sendiri. Masalah biasanya muncul ketika mobil yang sudah diatur sensor getarnya secara minimal namun tingkat kepekaannya tidak berubah.

Jika hal ini terjadi apa yang sebaiknya Anda periksa?

Pertama Anda harus memeriksa modul remote kendaraan terlebih dahulu untuk memastikan apakah posisi potensio meter sudah minimal. Jika memang terdapat masalah pada modul remote tersebut, cobalah untuk mengganti model remote baru yang sama nomor part nya. Hal ini ditujukan agar Anda tidak perlu mengubah jalur kabel.

Anda juga bisa mengganti modul remote yang kini sudah banyak dijual di variasi mobil, namun tentu saja dengan sedikit perubahan jalur kabel. Selanjutnya, Anda juga bisa menonaktifkan sensor getar saja tanpa mengutak-atik fungsi alarm sehingga bisa tetap bekerja.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016