Cara Mudah Bikin Irit Mobil Tanpa Oprek Mesin

Petugas Melakukan Pengisian BBM
Sumber :
  • Antara/Fanny Octavianus

VIVA.co.id - Sejatinya, efisiensi bahan bakar sebuah kendaraan tak selalu ditentukan oleh kecanggihan mesin serta teknologi yang ada di dalam mobil. Cara Anda mengemudi dan beban yang diangkut kendaraan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab borosnya mobil dalam mengkonsumsi BBM.

Sudah banyak yang mengungkapkan jika beban berlebih yang diangkut kendaraan roda empat Anda bisa membuat efisiensi bahan bakar mobil berkurang. Cobalah untuk mengganti beberapa barang yang dianggap membebani mobil seperti ban cadangan.

Dilansir situs resmi Toyota, Selasa 9 Februari 2016, Anda bisa menggantinya dengan compact space-saver tire atau biasa disebut dengan ban donat. Ban ini memang memiliki batas pakai tertentu dan sangat cocok untuk mobil Anda yang tidak berukuran terlalu besar.

Selain itu, jangan membuka jendela ketika sedang berkendara di luar kota dengan kecepatan tinggi. Jendela yang terbuka akan membebani mobil dalam melaju, selain itu turbulensi udara yang masuk ke dalam kabin bisa membuat Anda masuk angin.

Jika merasa kepanasan, cobalah untuk menyalakan AC dengan suhu minimum saja. Cobalah untuk membuang benda-benda yang dirasa kurang bermanfaat di dalam mobil. Contohnya adalah botol air minum yang jika sampai masuk di bawah pedal rem bisa menyebabkan gangguan proses pengereman dan menyebabkan kecelakaan.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

(ren)

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016