Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED pada Kendaraan

chicago auto show 2012
Sumber :
  • REUTERS/Frank Polich
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Dewasa ini banyak kendaraan khususnya mobil keluaran baru yang sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi (LED) atau
light-emitting diode
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
. Tentu banyak di antara pemilik yang belum tahu seputar kelebihan dan kekurangannya. Apa saja?
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Dilansir situs resmi Toyota, Jumat, 12 Februari 2016, kelebihan pertama LED adalah, lampu jenis ini menghadirkan sinar yang lebih terang dan konsumsi listrik yang rendah. Kelebihan kedua, lampu LED juga memiliki masa pakai yang lebih baik dan awet.


Jika lampu halogen dapat bertahan digunakan hingga 1.000 jam, lampu LED bisa lebih dari itu, 2.000 jam untuk pemakaian normal. Kelebihan yang ketiga adalah lampu LED mengeluarkan sinar berwarna putih yang dapat memberi penerangan yang jauh lebih baik dalam jarak tertentu.


Sementara kekurangannya, berada pada warna lampu yang terang tersebut. Sinar warna putih dapat menyilaukan mata pengemudi lain dibandingkan dengan sinar lampu yang berwarna kekuningan. Namun hal ini tidak menjadi masalah bila sinar diarahkan dengan tepat.


Seperti yang diucapkan Dadi Hendriadi
General Manager Technical Service
PT Toyota-Astra Motor (TAM) di sela-sela
test drive
All New Fortuner di Yogyakarta. "Selama sinar dilancarkan pada arah yang tepat, tidak akan masalah. Tapi masalahnya, mobil-mobil pada jenis SUV dan MPV terkadang ketinggian lampunya kurang optimal. Kondisi ini (membuat pemilik kendaraan) akan mengarahkan sinar lampu utama ke atas," katanya.


Bila ini terjadi, otomatis arah lampu akan mengganggu pandangan pengendara di depannya. "Makanya fitur auto leveling akan berguna dalam kondisi seperti ini," sebut dia.


Dikatakan, lampu LED pun punya kelemahan lain, khususnya ketika masa penggunaannya sudah habis. Meski hanya satu lampu yang mati, misal dalam rangkaian
daytime running lights
, kita tak bisa mengganti satu unit LED saja.


"Meski harus ganti satu modul (rangkaian), tidak bisa satu unit saja," kata Dadi sembari menyebut praktis hal ini yang membuat LED masih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya