Innova dan Fortuner Anyar Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Toyota Kijang Innova
Sumber :
  • Herdi/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Salah satu pertimbangan konsumen, saat hendak membeli mobil adalah mengetahui seberapa tinggi tingkat keamanannya.

Pelek Fortuner dan Pajero Sport Baru Ada di Sini

Hasil uji tabrak biasanya dijadikan patokan, guna mengetahui kehebatan dari mobil tersebut melindungi penumpangnya.

Dari penelusuran VIVA.co.id di laman resmi ASEAN NCAP (New Car Assesstment Program), Senin 15 Februari 2016, ada dua mobil baru Toyota yang baru-baru ini dilakukan uji tabrak.

Pakai Cara Ini, Mobil yang Dijual di RI Dijamin Aman

ASEAN NCAP adalah badan resmi yang ditunjuk untuk menguji tingkat keselamatan semua kendaraan yang diproduksi di negara-negara ASEAN, seperti Indonesia, Thailand, dan Malaysia.

Dua tipe yang baru-baru ini selesai diuji adalah All New Kijang Innova dan All New Fortuner. Khusus untuk Fortuner, karena basisnya diambil dari Toyota Hilux, maka tim penguji memutuskan untuk tidak melakukan uji tabrak fisik.

Kia Picanto dan Suzuki Ertiga Diuji Tabrak, Ini Hasilnya

Nilai diberikan pada Fortuner, dengan berpatokan pada spesifikasi mobil, yang memang sangat mirip dengan Hilux. Sementara itu, untuk Innova, uji tabrak dilakukan secara langsung.

Hasilnya, Innova memperoleh nilai 14,1 dari nilai total 16, dan layak mendapat lima bintang dalam hal perlindungan pada penumpang dewasa. Namun, ini hanya berlaku untuk Innova yang dilengkapi dengan teknologi electronic stability control (ESC).

Sementara itu, Innova yang tidak dilengkapi ESC hanya mendapat empat bintang saja. Untuk perlindungan pada anak kecil, mobil ini mendapat nilai 76 persen dan berhasil meraih empat dari lima bintang.

Untuk Fortuner, mobil jenis sport utility vehicle (SUV) ini mendapat nilai 14,43 dari 16. Sama seperti Innova, varian yang dibekali ESC mendapat lima bintang penuh, sedangkan non ESC hanya empat bintang.

Fortuner mendapat nilai 76 persen untuk perlindungan anak-anak, yang artinya hanya mendapat empat dari lima bintang. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya