Restorasi Mobil Klasik Makin Mudah dengan Alat Ini

Mesin pencetak tiga dimensi.
Sumber :
  • VIVAnews/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Bagi para pecinta mobil klasik, tidak ada yang lebih menggembirakan ketimbang menemukan suku cadang asli untuk mobil yang tengah mereka restorasi. Harga berapa pun akan mereka bayar, asal bisa mendapat komponen langka tersebut.

Restorasi Pikap Ford yang Lahir di Zaman Perang

Namun, tidak semua mobil lawas tersedia suku cadangnya. Dilansir dari 3ders, Senin 29 Februari 2016, salah satu bagian mobil yang sulit dicari komponennya adalah bodi dan interior.

Biasanya, komponen-komponen berukuran kecil yang sudah tidak lagi diproduksi. Alhasil, peminat harus mencari mobil yang sama di tempat barang rongsokan, untuk kemudian diambil komponennya.

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Namun, kini ada solusi yang lebih praktis, yaitu dengan menggunakan mesin pencetak tiga dimensi (3D). Saat ini, harga mesin pencetak 3D semakin murah, dan mampu mencetak menggunakan material yang lebih banyak macamnya.

Cukup mencari, atau menggambar bentuk asli komponen, maka mesin akan otomatis membuat komponen yang sama, dengan material yang bisa dipilih, mulai dari plastik hingga karet.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Selain lebih mudah, biaya yang harus dikeluarkan juga tergolong lebih murah, dibandingkan membeli di toko spesialis komponen mobil klasik. Jika komponen tersebut rusak lagi, dapat dicetak ulang dengan mudah. (asp)

Mobil balap F1 tim BAR Honda yang diservis di bengkel Indonesia

Mobil F1 Honda Diperbaiki di Bengkel Indonesia, Ada Buktinya

Para penggemar balap Formula 1 di Indonesia yang kantongnya pas-pasan, hingga saat ini hanya bisa menyaksikan wujud

img_title
VIVA.co.id
10 September 2020