Komunitas: Wajar Harga RX King Bisa Tembus Rp70 Juta

Yamaha RX King.
Sumber :
  • www.modifmotor.com

VIVA.co.id - Komunitas Yamaha RX King di Tanah Air mengaku tak kaget dengan banderol motor tersebut yang kini bisa mencapai harga Rp70 juta. Hal itu dinilai beralasan, karena dianggap sebagai motor legendaris dan populasinya yang sudah semakin langka.

Setidaknya, hal ini berkaca dari kejadian di Surakarta, Jawa Tengah, dimana salah satu warganya bernama Afrizal Alies berhasil menjual mahal motor RX King miliknya kepada warga Tangerang dengan harga Rp70 juta. Motor rakitan 2009 tersebut belum pernah digunakan alias benar-benar baru.

"Saya rasa sih wajar saja. Apalagi motor yang dijual benar-benar masih baru dan belum dipakai, seperti keluar dari diler. Apalagi kalau pelat nomornya cantik, pasti tambah mahal (harganya)," kata Ketua Umum
Yamaha RX King Club Independent (YRCI), Muhammad Imron alias Ompong kepada VIVA.co.id, Selasa, 1 Maret 2016.

Ompong menyatakan, sejauh ini peminat yang berani bayar mahal RX King benar-benar dari kalangan penghobi. Masing-masing pulau di Indonesia dikatakannya memang punya ketertarikan berbeda terhadap jenis RX King yang digandruginya.

"Di Pulau Jawa, kebanyakan pemburu RX King memang lebih senang dengan yang tahun muda daripada tahun tua, tampilannya lebih enak dilihat. Sebut saja, bak mesin seperti robot, knalpot juga sudah pakai peredam, lampu dengan list (RX King tahun muda)," kata Ompong.

Dijelaskan, sebagai gambaran harga pasaran RX King, untuk tahun 2001 saja di berbagai lapak motor bekas dijual dengan harga Rp5-Rp8 juta. Banderol tentunya disesuaikan dengan kondisi.

"Tetapi selain 2009, yang sekarang ini juga banyak dicari penghobi (RX King) adalah keluaran tahun 1991, yang orisinil ting-ting, katanya lebih indah dilihat mata," kata dia.

"Soal suku cadang, saat ini masih gampang dicari, tetapi ada juga beberapa part yang indent juga sih. Untuk harga lumayan, dari yang ratusan ribu seperti tango wafer hingga jutaan rupiah. Saat ini sih Yamaha Indonesia masih pasok suku cadang RX King."

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan harga selangit sebuah motor RX King buatan 2009 yang dijual di lapak online ternama di Indonesia. Dalam iklan tersebut, tertera harga RX King itu dijual dengan harga Rp50 juta. Penjual merupakan warga asal Surakarta, Jawa Tengah.

Motor tersebut terbilang istimewa, karena belum sama sekali dipakai, alias masih baru. Angka di odometer pun masih 0 kilometer. RX King tahun rakitan 2009 itu juga diketahui merupakan edisi terakhir sebelum
akhirnya pabrikan Yamaha menyetop produksi, karena terganjal aturan emisi gas buang. Artinya, motor itu berstatus barang langka.

Menurut si penjual yang juga pemilik, Afrizal Alies, motor itu dibelinya sejak 2009 lalu. Dia mengaku memang pencinta berat RX-King dan sempat mengoleksi hingga belasan unit.

"Motor yang dipasang lewat iklan (lapak online) itu sudah laku terjual. Saya akhirnya jual Rp70 juta, yang beli orang Tangerang. Cuma, saya dapat uangnya Rp50 juta, sedangkan makelar (perantara/calo) dapat
Rp20 juta dari penjualan itu," kata Afrizal kepada VIVA.co.id.

Selama ini, Afrizal mengaku tak pernah menggunakan motor istimewa itu. Jok-nya pun masih apik terbungkus plastik. Afrizal mengaku menjamin jika seluruh part pada motor itu orisinil, alias benar-benar baru.

"Sejak beli saya simpan motor itu di atas loteng. Kondisinya benar-benar gres. Saya juga sempat punya 11 motor RX King. Semuanya sama tahun 2009. Tetapi, motor-motor yang sebelumnya sudah laku terjual semua, sisa dua. Kalau RX King yang sebelumnya saya jual murah-murah, karena butuh uang. Saat itu, saya jual
Rp24-Rp25 juta," ujarnya.

Daftar Motor yang Harga Jualnya Jatuh, Ada Honda dan Yamaha
Jual beli motor bekas.

Tips Membeli Motor Bekas agar Tak Ditipu Penjual

Namanya juga bekas, semua tidak bisa dijamin kondisinya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016